Kemenparekraf Gaungkan Kesadaran Akan Protokol Kesehatan Lewat Kampanye Indonesia Care Kemenparekraf Gaungkan Kampanye Indonesia Care (Foto: istimewa)

SEIRING berangsurnya kehadiran masa transisi pembatasan sosial, masyarakat mulai menjadikan restoran dan rumah makan sebagai tujuan wisata singkat, atau yang bisa diistilahkan sebagai short escape.

Hal itu terjadi usai sekitar dua sampai tiga bulan masyarakat melindungi diri dari risiko penyebaran COVID-19 dengan bertahan dan tinggal di rumah.

Pemerintah dan industri berbagi pandangan yang sama, di mana penerapan protokol kesehatan, kebersihan dan keselamatan, mampu menjadi faktor utama untuk mengangkat reputasi dan menumbuhkan tingkat kepercayaan publik.

Baca Juga:

New Normal, Ini Protokol Kesehatan Khusus di Kegiatan Olahraga

Oleh karena itu, dalam diskusi Voxpp Shout! berjudul 'Lebih Jauh Kampanye Indonesia Care & Protokol K4 Untuk Restoran', asosiasi dan industri restoran menyampaikan kesiapan dukungan, dan partisipasi aktif dalam mengkomunikasikan serta mensosialisasikan kampanye Indonesia Care.

protokol kesehatan, kebersihan dan keselamatan, mampu menjadi faktor utama untuk mengangkat reputasi dan menumbuhkan tingkat kepercayaan publik (Foto: istimewa)

Kampanye Indonesia Care yakni protokol yang mencakup kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan yang lestari (Cleanliness, Health, Safety and Environment/CHSE), demi keseimbangan kepentingan bersama antara keberlangsungan industri dan keselamatan masyarakat.

"Untuk percepatan pemulihan, kesiapan destinasi dan rebound strategy serta upaya membangun kepercayaan publik, maka penerapan protokol K4, InDOnesia CARE harus menjadi kesadaran bersama antara seluruh pemangku kepentingan, Pemerintah Pusat dan Daerah, pengelola restoran dan rumah makan, karyawan dan tamu serta pengunjung," ucap Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kemenparekraf RI, Frans Teguh, pada keterangan pers yang diterima merahputih.com, Selasa (26/8)

Lebih lanjut Frans Teguh menjelaskan, bahwa dalam penerapannya, pengelola serta pemilik usaha restoran atau rumah makan bertanggung jawab penuh untuk menerapkan protokol kesehatan.

Dalam hal ini yakni untuk upaya pengendalian penyebaran dan penularan COVID-19, dengan memperhatikan unsur pencegahan, penemuan kasus, dan penanganan secara cepat dan efektif.

Penerapan protokol kesehatan secara cermat dan ketat, mampu memastikan membaiknya reputasi, bisnis kembali berjalan, aktifitas ekonomi kembali bangkit dan terjaminnya keselamatan serta tumbuhnya kepercayaan masyarakat.

Pada praktiknya yang bersanding dengan protokol kesehatan, pihak pengelola dituntut untuk mampu mengembangkan rekayasan teknis dan inovasi dalam pelayanan.

Baca Juga:

Ini Protokol Kesehatan Salat Berjemaah di Masjid saat New Normal

Sementara itu, Sekertasi Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran, mengatakan bahwa bisnis restoran dan rumah makan kini masuk ke masa yang cukup dilematis dan menantang.

Di mana menghadapi konsumen yang mulai berkunjung dan perlu upaya sendiri untuk mensosialisasikan sekaligus menerapkan protokol kesehatan.

Adaptasi kebiasaan baru bisa menjadi tantangan bagi pengelola restoran, di mana tak hanya kondisi work from home menyebabkan berkurangnya kunjungan orang ke restoran, tapi juga usaha ekstra dalam mengenalkan budaya penerapan protokol kesehatan.

Perlu upaya ekstra untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada para pengunjung (Foto: istimewa)

Pengunjung misalnya bersikap keras atau galak saat diingatkan untuk mengenakan masker dengan benar. Tapi di sisi lain, protokol kesehatan dalam upaya industri restoran untuk mengomunikasikannya kepada masyarakat bisa diposisikan sebagai bagian dari strategi marketing restoran di masa adaptasi kebiasaan baru.

Dalam kesempatan yang sama, F&B Policy Manager Roemah Kuliner, Fregat Pattiwaelapia, menyampaikan bahwa masyarakat sudah mulai keluar rumah dan berlibur. Short escape atau liburan dekat-dekat rumah jadi pilihan, dan biasanya restoran dan rumah makan jadi tujuannya.

Fregat menjelaskan punya perhatian khusus untuk keselamatan dan kesehatan karyawan serta pengunjung. "Penerapan protokol kesehatan sudah kami laksanakan semenjak aktifitas usaha dimulai kembali, dan sama sekali tidak kami anggap sebagai beban, melainkan ikhtiar untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan karyawan dan pengunjung,"

Lebih lanjut Fregat menambahkan seiring waktu pihaknya juga merasa perlu untuk terus belajar dan mengamati perkembangan yang ada.

Dalam semangat yang sama Roemah Kuliner siap mendukung dan mensinergikan serta mensosialisasikan prinsip dan nilai yang ada di protokol K4 InDOnesia CARE, khususnya untuk industri restoran. (Ryn)

Baca Juga:

Aturan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Halsey, Lauv, dan MAX Kecam Komentar Rasialisme yang Diterima BTS
ShowBiz
Halsey, Lauv, dan MAX Kecam Komentar Rasialisme yang Diterima BTS

Sejumlah musisi dunia angkat bicara atas komentar sarat isu rasialisme yang diterima BTS.

Anti Ribet, Beli Ponsel Sekarang Bisa Diantar Kerumah Pakai Drone
Fun
Anti Ribet, Beli Ponsel Sekarang Bisa Diantar Kerumah Pakai Drone

Samsung menghadirkan layanan pengantaran ponsel baru lewat drone

Miliarder Asal Jepang akan Wisata ke Luar Angkasa
Fun
Miliarder Asal Jepang akan Wisata ke Luar Angkasa

Seorang miliarder asal jepang bernama Yusaku Maezawa, mengumumkan bahwa dirinya akan berwisata ke luar angkas pada akhir tahun 2021

‘The Falcon and the Winter Soldier’ Tayang 19 Maret di Disney Plus
ShowBiz
‘The Falcon and the Winter Soldier’ Tayang 19 Maret di Disney Plus

Berharap tidak ada perubahan tanggal perilisan.

Lewat Seni Kenalkan Komunitas Transgender
Hiburan & Gaya Hidup
Lewat Seni Kenalkan Komunitas Transgender

Mengubah warna kelam hidupnya menjadi pelangi.

Selesaikan Gugatan dengan Cepat, TikTok Setuju Bayar Denda
Fun
Selesaikan Gugatan dengan Cepat, TikTok Setuju Bayar Denda

Tidak ingin menghabiskan waktu untuk melanjutkan masalah tersebut.

Kretek Made In Negeri Aing Harumnya Sampai Mendunia
Hiburan & Gaya Hidup
Kretek Made In Negeri Aing Harumnya Sampai Mendunia

Berkat pejuang Indonesia, Agus Salim

Yuk Lihat Pameran Seni Lewat 3D Virtual di MayinArt
Fun
Yuk Lihat Pameran Seni Lewat 3D Virtual di MayinArt

Pameran seni ini menampilkan 65 karya seni impresif dari seniman-seniman Asia Timur.

Seorang Penggemar K-pop Berhasil Curi Perhatian Baekhyun EXO
ShowBiz
Seorang Penggemar K-pop Berhasil Curi Perhatian Baekhyun EXO

Baekhyun EXO membeberkan langsung bagaimana penggemar bisa mendapatkan perhatiannya.