Kemenparekraf Dukung Ekspansi Restoran Indonesia ke Luar Negeri

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 12 Maret 2023
Kemenparekraf Dukung Ekspansi Restoran Indonesia ke Luar Negeri
Program tersebut saat ini sudah dibuka untuk pelaku usaha dan tengah memasuki tahapan Open Call. (Foto: Unsplash/Jay Wennington)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung ekspansi bisnis para pelaku usaha restoran dari Indonesia ke luar negeri. Hal tersebut didorong melalui program bernama Indonesian Restaurant Fundraising (IndoStar).

Program tersebut saat ini sudah dibuka untuk pelaku usaha dan tengah memasuki tahapan Open Call.

“Kami berharap melalui Program IndoStar ini, dapat mempercepat peningkatan jumlah restoran Indonesia di luar negeri, untuk memperkuat etalase kuliner Indonesia yang dikenal sebagai the Mother of Spices” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno saat membuka program IndoStar, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (11/3).

Sandiaga mengatakan, Indonesia harus mampu menghadirkan restoran-restoran dengan kuliner khas Nusantara di luar negeri lewat pencitraan dan manajemen yang baik. Dengan demikian, citra Indonesia pun bisa dikenal lewat pangan olahan, rempah, serta kuliner oleh masyarakat dunia.

Baca juga:

Dukung Keberlanjutan, Kemenparekraf Ingin Tingkatkan Pariwisata 'Hijau'

Kemenparekraf Dukung Ekspansi Restoran Indonesia ke Luar Negeri
IndoStar akan menjadi wadah pertama untuk pengembangan bisnis restoran Indonesia ke luar negeri. (Foto: Unsplash/Zakaria Zayane)


IndoStar yang dirilis beberapa waktu lalu secara hibrid dari Hong Kong, dihadiri oleh 40 peserta Diaspora Indonesia pelaku UMKM secara luring, serta diikuti pelaku usaha restoran Indonesia di negara lainnya secara daring.

Dalam pelaporan program IndoStar, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh para pelaku usaha restoran Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya adalah ketika menjalankan usahanya tidak visible dan bankable.

Baca juga:

Kemenparekraf Gandeng ‘Ride Hailing’ untuk Pulihkan Wisata Bali

Kemenparekraf Dukung Ekspansi Restoran Indonesia ke Luar Negeri
IndoStar diharapkan dapat mempercepat peningkatan jumlah restoran Indonesia di luar negeri. (Foto: Unsplash/Alex Haney)

Beberapa faktor yang memengaruhi di antaranya adalah masih rendahnya pelaku usaha memahami literasi keuangan dan beradaptasi dengan perkembangan digital untuk pengembangan bisnisnya.

“Untuk itu Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf menjalankan tugas dan fungsinya untuk memfasilitasi pembinaan dan pendampingan bagi pelaku usaha restoran Indonesia agar usahanya bisa berkembang melalui Program IndoStar,” ujar Rizki.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana menyebutkan bahwa, IndoStar akan menjadi wadah pertama untuk pengembangan bisnis restoran Indonesia ke luar negeri. Nantinya, pelaku usaha yang terpilih disiapkan sumber dayanya dengan cara pelatihan hingga pendampingan agar mendapatkan pembiayaan dari calon investor. (and)

Baca juga:

Kemenparekraf Dukung Desainer Indonesia di London Design Biennale

#Wisata Dunia #Kuliner #Kuliner Indonesia #Wisata #Pariwisata Indonesia #Menteri Pariwisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan