Kemenlu Bantah Klaim Kunjungan Pejabat Senior Indonesia ke Israel

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 22 September 2022
Kemenlu Bantah Klaim Kunjungan Pejabat Senior Indonesia ke Israel
Tangkapan layar Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah selama konferensi pers secara daring pada Kamis (22/9/2022). (ANTARA/Yashinta Difa)

MerahPutih.com - The Jerusalem Post melaporkan bahwa Indonesia telah mengirim delegasi rahasia yang dipimpin oleh seorang “pejabat senior” ke Israel, di tengah memanasnya hubungan baru-baru ini antara kedua negara.

Berita itu menyebut bahwa serangkaian pertemuan dan laporan dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa Israel dan Indonesia telah tumbuh lebih dekat dengan kerja sama perdagangan dan pariwisata.

Laporan itu juga menyebut bahwa Menlu AS Antony Blinken juga mengangkat kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik Indonesia-Israel dalam pertemuan dengan para pejabat di Jakarta pada Desember tahun lalu.

Baca Juga:

Normalisasi Hubungan dengan Israel, Turki Nyatakan Tetap Dukung Palestina

Kementerian Luar Negeri membantah berita yang menyebut bahwa delegasi Indonesia yang dipimpin oleh seorang “pejabat senior” mengunjungi Israel dalam rangka normalisasi hubungan kedua negara.

Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah menegaskan bahwa Kemenlu sebagai pengampu kebijakan luar negeri Indonesia tidak pernah melakukan langkah-langkah yang mengarah ke normalisasi hubungan, seperti yang dilaporkan media Israel tersebut.

Baca Juga:

Sekjen PBB Sambut Baik Gencatan Senjata Israel-Jihad Islam

“Posisi Indonesia tidak berubah, bahwa yang kita dahulukan adalah satu penyelesaian damai antara Palestina dan Israel yang berangkat dari Solusi Dua Negara yaitu untuk berdamai dengan batas-batas wilayah yang jelas,” kata Faizasyah dalam konferensi pers secara daring pada Kamis (22/9), seperti dikutip Antara.

Menegaskan bahwa Indonesia tidak mengubah posisinya terkait konflik Palestina dan Israel, Faizasyah mengatakan bahwa siapa pun yang disebut sebagai “pejabat senior” oleh media Israel tersebut tidak bisa mewakili kepentingan Indonesia. (*)

Baca Juga:

RS Indonesia di Gaza Bantu Tangani Korban Agresi Militer Israel

#Israel #Lapindo #Kemenlu
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan