Kemenkop UKM Ingin Masyarakat Lebih Mengenal Fesyen Berkelanjutan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 27 Februari 2021
Kemenkop UKM Ingin Masyarakat Lebih Mengenal Fesyen Berkelanjutan
Kemenkop UKM ingin masyarakat lebih mengenal Fesyen Berkelanjutan (foto: istimewa)

BARU-BARU ini Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, bahwa tren berkelanjutan global di industri fesyen merupakan sebuah keharusan.

Teten berharap, para desainer hingga masyarakat umum Indonesia lebih mengenal, peduli dan menyadari pentingnya fesyen berkelanjutan sebagai gaya hidup. Karena baginya Indonesia sangat potensial.

Baca Juga:

Fashion Etis dan Sustainable Jadi Sorotan di ISEF 2020

"Industri fesyen Indonesia punya potensi jadi pelaku utama fesyen berkelanjutan, bahan-bahan alami bisa diproduksi di Indonesia menjadi viscose hingga rayon yang punya kandungan dalam negeri 100 persen," jelas Teten seperti yang dikutip dari laman Antara.

bila bahan-bahan alami bisa di produksi sendiri di Indonesia, para pelaku usaha fesyen bisa mendapat bahan baku secara murah, dan mudah (foto: istimewa)

Teten menambahkan, bila bahan-bahan alami bisa di produksi sendiri di Indonesia, para pelaku usaha fesyen bisa mendapat bahan baku secara murah, dan mudah. Tapi, diperlukan adanya pusat-usat penyediaan bahan baku produksi di Indonesia, baik offline maupun online. Guna mempermudah pelaku usaha fesyen.

Industri fesyen sendiri merupakan salah satu sektor yang menyumbang kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Kendati sempat terhambat karena pandemi COVID-19, industri fesyen dapat beradaptasi dan bertahan.

Untuk bisa bertahan di tengah pandemi, para pelaku industri fesyen terus mengeksplorasi kebutuhan masyarakat, sepeti halnya membuat pakaian untuk beraktivitas di rumah, hingga kebutuhan Alat Pelindung Diri.

Menurut Teten, UMKM industri fesyem merupakan salah satu tulang punggung ekonomi nasional. Dia menegaskan, bahwa mempersiapkan sektor fesyen agar jadi lebih kuat sama dengan mempersiapkan ekonomi nasional yang lebih tangguh.

Baca Juga:

Busana Berteknologi Tinggi Diklaim Bisa Membunuh Virus

Lebih lanjut Teten juga mengingatkan bahwa pandemi belum selesai, karena itu, kemampuan para pelaku fesyen untuk beradaptasi dan bertransformasi adalah sauatu keharusan.

Teten juga menggandeng rekan-rekan pelaku usaha fesyen serta asosiasi industri fesyen. Hal itu dilakukan guna memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan UMKM fesyen.

Teten mengingatkan bahwa pandemi belum selesai, karena itu, kemampuan para pelaku fesyen untuk beradaptasi dan bertransformasi adalah sauatu keharusan (Foto: istimewa)

Sementara itu, desainer kondang Ali Charisma menyakini bahwa fesyen berkelanjutan merupakan konsep penting untuk masa depan. Dalam hal ini bukan sekadar untuk branding, tapi juga bermanfaat untuk manusia, alam dan bisnis di masa depan.

Ali merasa yakin lantaran semakin banyak konsumen yang menaruh minat pada produk fesyen berkelanjutan, begitupun permintaan di Indonesia dan global yang semakin besar. (Ryn)

Baca Juga:

Anggunnya Busana Rancangan Fenita Arie di Fashion Rhapsody 2020

#Fashion #Tren Fesyen #Fashion Show
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan