Kemenkeu akan Lelang Barang Pemberian Pembalap MotoGP Mandalika

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 30 Maret 2022
Kemenkeu akan Lelang Barang Pemberian Pembalap MotoGP Mandalika
Ilustrasi penonton mendapatkan barang dari pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

KEMENTERIAN Keuangan akan melelang barang-barang yang didapat dari para pembalap saat penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret lalu. Seperti dilansir ANTARA, terdapat sejumlah barang yang diberikan para pembalap kepada pemerintah Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan terdapat 11 barang pemberian para pembalap yang tersimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram. Barang-barang tersebut akan dilelang bersama dengan produk usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Kami sedang merencanakan dengan matang karena itu barang langka, ada baju pembalap MotoGP yang ditandatangani, topi, dan sarung tangan," ungkapnya.

Baca juga:

Selamat Tinggal MotoGP Mandalika 2022, Sampai Jumpa Tahun Depan!

Valentino Rossi dan penggemarnya. (Foto: MotoGP)

Sebelumnya disebutkan bahwa barang-barang tersebut diperoleh dari penonton yang beruntung saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Barang-barang tersebut dihimpun para petugas dibantu pihak Mandalika Grand Prix of Assocation (MGPA).

Namun, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Prastowo Yustinus kemudian meluruskan bahwa barang-barang tersebut merupakan pemberian para pembalap kepada ITDC, MGPA, dan Kementerian Keuangan untuk tujuan amal, bukan yang diberikan kepada penonton.

"Jadi barang yang diterima penonton tetap jadi milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang," ujarnya melalui cicitan akun pribadi @prastow, Rabu (30/3).

Baca juga:

MotoGP, Olahraga Mahal Hingga Miliaran Rupiah

Klarifikasi oleh Staf Khusus Kemenkeu Prastowo Yustinus . (Foto: Twitter/@prastow)

Prastowo mengatakan barang-barang yang akan dilelang meliputi kaus, topi, dan sarung tangan yang telah ditandatangani tiga pembalap yaitu Marc Marquez, Pol Espargaro, dan Miguel Oliveira. Marquez juga dikabarkan menyumbang topi dan Maverick Vinales menyumbang topi serta sarung tangan.

Proses lelang akan dilakukan secara nasional agar semua orang bisa melakukan penawaran. Bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam kegiatan lelang tersebut dapat mendaftarkan diir di KPKNL Mataram.

Sudarmanto selaku perwakilan KPKNL Mataram mengatakan, sebelum lelang, pihaknya akan dibantu tim ahli penaksir dari berbagai asosiasi, seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang memiliki pemahaman mengenai nilai barang-barang otomotif yang dipakai para pembalap ternama.

Baca juga:

Kearifan Lokal Pembalap MotoGP di Mandalika, Sampai Bingung Ada Bensin Eceran

Semua masyarakat Indonesia bisa ikut lelang. (Foto: Pexels/Sora Shimazaki)

"Nanti ada harga terendah yang ditetapkan karena barang-barang itu harganya tak terhingga walaupun harga spidolnya Rp 5.000, tapi yang mencoret pembalap terkenal," ujarnya.

Selain barang-barang tersebut, ada pula sejumlah penonton beruntung yang mendapatkan barang-barang dari para pembalap MotoGP, seperti helm dari Aleix Espargaro, pembalap tim Aprilia Racing, hingga sarung tangan dan topi dari Fabio Quartararo, pembalap Monster Energy Yamaha. Barang-barang iti dibagikan setelah balapan pada Minggu (20/3). (waf)

Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan