Kemenkes Berikan Tips Jalani Vaksinasi saat Berpuasa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 12 April 2021
Kemenkes Berikan Tips Jalani Vaksinasi saat Berpuasa
Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual yang dipantau di Jakarta, Senin (12/4/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

MerahPutih.com - Juru Bicara Vaksinasi COVKD-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat harus meniatkan untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19.

Pasalnya, hal ini sebagai sebuah ikhtiar menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

Dalam hal ini, Nadia menegaskan, tidak ada persiapan khusus untuk yang akan mendapatkan vaksinasi pada saat bulan Ramadan ini, tetapi tetap menjaga kondisi kesehatan di masa berpuasa ini.

Baca Juga:

DKI Belum Jadwalkan Vaksinasi Bagi Pekerja Swasta Formal

"Sebelum mendapatkan vaksinasi kita bisa mengupayakan istirahat yang cukup serta waktu sahur makan makanan yang bergizi dan seimbang,” kata Nadia pada konferensi pers daring tentang Vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadan, pada Senin (12/4).

Bukan hanya makanan yang sehat, Nadia juga mengingatkan masyarakat untuk memerhatikan kebutuhan cairan, yakni dengan cara minum sesuai jumlah yang ditentukan.

Vaksinasi tahap kedua bagi warga lanjut usia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah
Vaksinasi tahap kedua bagi warga lanjut usia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak memilih jenis vaksin. Pasalnya, vaksin yang digunakan saat ini telah yakni Sinovac maupun AstraZeneca telah memenuhi syarat dari World Health Organization (WHO).

Dalam hal ini, dari segi keamanan, vaksin yang digunakan di Indonesia telah melewati uji klinis tahap ke-3. Selain itu, dari segi efikasi sudah memenuhi standar WHO minimal 50 persen.

Sementara vaksin yang digunakan efikasinya di atas standar tersebut.

Baca Juga:

Negara Produsen Batasi Penjualan, Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Harus Diperluas

Selain itu, Badan Penanganan Obat dan Makanan (BPOM) dan Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) sudah melakukan kajian terhadap keamanan dan mutu daripada vaksin tersebut.

“Vaksin digunakan saat ini merupakan jenis vaksin yang aman dan bermanfaat serta meningkatkan kekebalan tubuh berdasarkan rekomendasi dari para ahli,” ucap dia. (Knu)

Baca Juga:

500 Warga Jakarta Pusat Jalani Vaksinasi COVID-19 di Kampung Tangguh Jaya

#Vaksinasi #COVID-19 #Kementerian Kesehatan
Bagikan
Bagikan