Kemenhub Siapkan Skenario Penanganan Kemacetan Jelang Natal

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 06 Desember 2016
Kemenhub Siapkan Skenario Penanganan Kemacetan Jelang Natal
Kementerian Perhubungan menggelar konferensi pers terkait Rencana Operasi Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, di Kementerian Perhubungan, Jakpus, Selasa 6/12 (Foto: MerahPutih/John Abimanyu)

MerahPutih Nasional - Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan skenario penanganan kemacetan di Jabotabek jelang libur Natal dan Tahun Baru 2017. Kemenhub terus berkoordinasi dengan kepolisian dan Jasa Marga untuk optimalisasi pembukaan gerbang tol, sistem jemput bola, optmalisasi GTO, dan penambahan petugas di lapangan.

"Penerapan MRLL (manajemen rekayasa lalu lintas) di titik simpang yang berpotensi kemacetan. Kami juga koordinasi dengan Dishub (setempat) untuk perpanjangan waktu merah TL (traffic light) mengarah ke tol, jika terjadi kepadatan di jalan tol," kata Meteri Perhubungan Budi Karya Sumardi saat memberikan paparan di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (6/12).

Budi juga sudah berkoordinasi dengan pihak kKepolisian dan dishub untuk mengantisipasi kemacetan di pasar tumpah.

"Kami sudah menempatkan petugas di lapangan dengan menyiapkan perlengkapan jalan portable (traffic cone, water burrier) untuk mengatur lalu lintas di pasar tumpah," tuturnya.

Di samping itu, titik rawan kemacetan biasanya sering terjadi di perlintasan sebidang. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada petugas untuk menjaga perlintasan sebidang yang tidak berpintu untuk menjaga keselamatan bagi pengendara.

"Koordinasi dengan kepolisian dan dishub untuk penempatan petugas pada perlintasan sebidang yang tidak berpintu untuk menjaga para pengendara," ucapnya.

Rute pemudik juga sudah disapkan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor melalui jalur aman. "Pihak kepolisian dan dishub pengaturan rute sepeda motor melalui jalur aman/selamat. Selain itu, sudah disiapkan pula rest area atau SPBU bagi para pemudik," pungkasnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Dirjen Hubla Pastikan Kapal Angkutan Natal dan Tahun Baru Aman
  2. Sambut Natal dan Tahun Baru, ARTOTEL Berbagi Lewat #ARTOTELforHOPE
  3. Natal Nasional 2016 Dipusatkan di Humbang Hasundutan dan Tondano
  4. Natal dan Tahun Baru 2016, KAI Raup Rp339 Miliar
  5. Jatuh Bangun Perjalanan Karier Natalie Cole Semasa Hidup
#Kemenhub #Natal #Natal Dan Tahun Baru 2017
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan