Kemenhan Tindaklanjuti Pidato Jokowi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 29 Maret 2018
Kemenhan Tindaklanjuti Pidato Jokowi
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah menindaklanjuti pidato Presiden Joko Widodo pada Penutupan Kongres LVRI ke-IX di Jakarta beberapa waktu lalu tentang kenaikan tunjangan Veteran RI sebesar 25 persen.

"Sudah sepatutnya negara memberi penghormatan dan penghargaan kepada veteran RI," kata Menhan Ryamizard Ryacudu di hadapan Ketua DPP LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abis dan anggota LVRI saat membuka Sarasehan Keveteranan RI di Kemhan Jakarta, Rabu (28/3), dilansir Antara.

Ia menyebutkan amanah Presiden Soekarno pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961 bahwa "Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya".

Untuk itu sarasehan dengan tema "Melalui Sarasehan Keveteranan RI Kita Wujudkan Regulasi yang dapat Menjaga Keberlangsungan dan Kesinambungan LVRI serta Kesejahteraan Veteran RI" dirasa penting guna memberikan rasa keadilan kepada para Veteran.

Selain itu pemerintah juga patut memberikan penghargaan dan penghormatan serta hak-haknya kepada WNI yang terlibat dalam peristiwa atau pertempuran dalam menegakkan kedaulatan bangsa dan NKRI karena perjuangan para Veteran RI tidak terhenti setelah berjuang dan membela kemerdekaan Indonesia.

"Namun jiwa, semangat dan patriotisme serta nilai-nilai perjuangan para veteran RI tetap terpatri dalam sanubari para veteran RI," kata Ryamizard.

Menhan Ryamizard Ryacudu saat menyampaikan paparan pada Press Briefing “2 Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK” di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (27/10) siang. (setkab.go.id)
Menhan Ryamizard Ryacudu saat menyampaikan paparan pada Press Briefing “2 Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK” di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (27/10) siang. (setkab.go.id)

Hal itulah, kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini yang harus diwariskan dan dilestarikan kepada generasi penerus bangsa Indonesia sehingga akan terjalin nuansa perjuangan antara para veteran dengan generasi muda selaku penerus bangsa.

Dalam kesempatan tersebut turut diluncurkan Aplikasi Informasi Layanan Publik, Sistem Informasi Veteran RI (Sisinfovet) oleh Ditjen Pothan Kemhan. Dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Tanda Kehormatan Veteran, Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan Veteran kepada Veteran RI oleh Menhan.

Selain itu Menhan juga menyerahkan 1 (satu) set komputer dan 1 (satu) set sarana siaran televisi satelit kepada Babinminvetcaddam (Badan Pembina Administrasi Veteran dan Cadangan KODAM) Kodam XVIII Kasuari.

Setelah itu Menhan dan Ketua Umum DPP LVRI menandatangani MoU antara Kemhan dengan DPP LVRI tentang Sinergitas antara Kemhan dan LVRI dalam rangka Bela Negara dan kegiatan Kemhan lainnya. (*)

#Veteran #Ryamizard Ryacudu
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan