Kemendagri Bongkar Mafia e-KTP Palsu Impor dari Kamboja Barang bukti KTP dan NPWP kiriman dari Kamboja. (ANTARA/Aprilio Akbar)

Kemendagri, ungkap mafia KTP elektronik dari Kamboja. Modusnya mencari blangko e-ktp yang rusak dari tempat sampah di 10 kantor Kecamatan dan 20 kelurahan di DKI.

"Pemalsu sengaja ke sana untuk mencari e-ktp bekas atau rusak. Kemudian datanya dipalsu, seperti foto, agama secara manual. Sehingga datanya beda dengan data asli di chip ktp dan data center di Kemendagri," ujar Zuldan Arif Fakrulloh dalam jumpa pers di Kemendagri, Jakarta, Senin (13/2).

"Jumlah yang kami sita ada 36 ktp. KTP palsu ini dikirim ke Kamboja dan dibawa lagi ke mari. Seolah olah diimpor dari Kamboja," tambahnya.

Zudan belum bisa memastikan motif dari pemalsuan tersebut. Apakah untuk kepentingan imigran masuk ke Indonesia, pilkada atau motif ekonomi.

"Kami bekerjasama dengan kepolisian dan imigrasi untuk membongkar mafia ini. Kami memohon kepada seluruh petugas di Dinas Pencatatan sipil di seluruh Indonesia untuk memusnakan atau menyimpan e-ktp yang rusak atau bekas. Sehingga kasus ini tidak terulang," pungkasnya. (Reza Indrayana)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH