Kemendag Turut Menjaga Stabilitas Harga Kopi Dunia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 24 Maret 2023
Kemendag Turut Menjaga Stabilitas Harga Kopi Dunia
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menandatangani Persetujuan Kopi Internasional di London, Inggris. (Foto: kemendag.co.id)

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan menadantangani Persetujuan Kopi Internasional (International Coffee Agreement/ICA) 2022 di Sekretariat Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) London, Inggris pada 8 Maret 2023.

Keberhasilan ini akan memberi dampak penting pada peningkatan ekspor kopi nasional dan menjaga stabilitas harga kopi dunia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia.

Zulkifli mengatakan, keberhasilan ini akan memberi dampak penting pada peningkatan ekspor kopi nasional dan menjaga stabilitas harga kopi dunia, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia.

"Indonesia menyambut baik penandatanganan ICA 2022. Ini menjadi tonggak sejarah yang penting bagi masa depan keanggotaan Indonesia di ICO dan langkah maju yang penting bagi posisi masa depan kopi Indonesia di pasar internasional. Diharapkan kerja sama dengan ICO akan mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi," ujar Zulkifli Hasan, seperti dilansir laman Kemendag.co.id.

Baca juga:

Kopi Arang Panas Khas Negeri Aing

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh AKSI-SCAI (@aksi_scai)

ICA merupakan perjanjian multilateral antara pemerintah yang mewakili negara-negara penghasil kopi dan konsumen kopi. ICA 2022 menjadi kesepakatan ketujuh sejak 1962, setelah ICA menetapkan kuota ekspor kopi untuk menstabilkan harga kopi dunia.

Penandatanganan ini merupakan tahapan yang mengindikasikan keinginan negara anggota untuk mengimplementasikan ICA 2022. Dengan penandatanganan ini, Indonesia menjadi negara anggota ke-10 yang telah menandatangani ICA 2022.

Dari total 49 negara anggota, sudah ada sembilan anggota ICO yang telah menandatangani ICA 2022, yaitu delapan negara eksportir dan satu negara importir. Negara tersebut yakni Brasil, Kosta Rika, Nikaragua, Peru, Togo, Venezuela, Panama, dan Kolombia. Sementara negara importir yaitu Jepang. Selebihnya dijadwalkan menandatangani hingga batas akhir April 2023.

Baca juga:

Peran Kopi Terhadap Ekonomi Kreatif di Indonesia

Kemendag Turut Menjaga Stabilitas Harga Kopi Dunia
Diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi para petani di Indonesia. (Foto: kemendag.co.id)

Zulkifli menambahkan, ICA 2022 juga menegaskan kembali kontribusi terhadap ketahanan masyarakat dan petani kopi dengan mengintegrasikan konsep penghasilan hidup sekaligus memastikan keberlanjutan masa depan sektor kopi global.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono mengemukakan, keterlibatan intens Indonesia dalam perundingan ICA 2022 berkontribusi pada industri kopi dunia secara menyeluruh.

"Berbagai capaian tersebut akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dalam menciptakan sektor kopi nasional yang berkelanjutan dan mendorong stabilitas harga untuk menciptakan iklim usaha terbentuknya tatanan iklim perdagangan yang kondusif, bermanfaat bagi pengembangan ekspor kopi nasional dan membantu UKM kopi Indonesia mengakses pasar internasional," tutup Djatmiko. (and)

Baca juga:

Seru-Seruan di ‘BRImo Jakarta Coffee Experience’

#Menteri Perdagangan #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan