Kemendag Pantau HET Tingkat Ritel

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 04 Mei 2017
Kemendag Pantau HET Tingkat Ritel
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (ketiga kanan) didampingi Dirjen PDN Tjahya Widayanti (kiri) dan anggota Komisi VI Juliari P. Batubara (ketiga kiri) berfoto bersama usai menyaksikan penanadata

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti dan Staf Khusus Mendag Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana, turun langsung memantau harga komoditas gula, minyak goreng dalam kemasan sederhana, dan daging di tingkat ritel.

Ritel modern yang dikunjungi untuk memantau penerapan harga eceran tertinggi (HET) adalah Carrefour di Komplek Medan Fair Jalan Gatot Subroto, Swalayan Maju Bersama, dan Swalayan Brastagi di Jalan Imam Bonjol.

“Swalayan Maju Bersama sudah menjual gula dengan harga Rp12.500/kg dan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp11.000/liter. Di Carrefour pun demikian. Jadi, memang sudah mengimplementasian nota kesepahaman yang dibuat oleh Aprindo dengan para produsen dan distributor barang-barang komoditas tersebut,” kata Tjahya seperti yang tertulis dalam keterangan pers, Kamis (4/5).

Berdasarkan nota kesepahaman antara Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan distributor yang dilangsungkan pada 4 April 2017, telah ditetapkan HET untuk tiga komoditas. Gula ditetapkan tidak boleh lebih dari Rp12.500/kg, minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp11.000/liter, dan daging Rp80.000/kg.

“Secara umum, ritel modern sudah menerapkan HET. Memang ada satu atau dua ritel yang masih belum sesuai, tapi kami sudah tegur,” kata Tjahya.

Selain memantau pelaksanaan HET di tingkat pengecer, Tjahya dan Eva juga mengunjungi gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sumatera Utara di Medan pada Senin (1/5).

Berdasarkan data Bulog per 29 April 2017, total beras untuk Provinsi Sumatera Utara adalah 64 ribu ton untuk enam bulan ke depan. Sementara itu, stok gula mencapai 13 ribu ton, cukup untuk tujuh bulan ke depan.

“Stok cukup dan sudah diantisipasi hingga enam bulan ke depan. Insya Allah aman,” kata Tjahya.

#Kementerian Perdagangan #Harga Eceran Tertinggi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan