Kemenangan Mahathir Mohamad dan Dampak Bagi Perekonomian Indonesia Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad. Foto: Lai Seng Sin/Reuters

MerahPutih.com - Kemenangan Manathir Mohamad pada Pilihan Raya Umum (PRU) ke-14 disambut baik oleh Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi).

Ketua BPP Hipmi, Bahlil Lahadalia, berharap dengan terpilihanya Tun Mahathir sebagai Perdana Menteri Malaysia ketujuh bisa berdampak baik bagi perekonomian Indonesia terutama perdagangan kedua negara ke depan.

“Perdagangan dengan Malaysia harus membaik,” ujar Bahlil dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, hari ini.

Bahlil mengatakan, perdagangan Indonesia-Malaysia mengalami tren penurunan, sejalan dengan pasang-surut hubungan persahabatan kedua negara. Sebab itu, dengan terpilihnya perdana menteri baru tersebut, kedua negara melakukan restorasi hubungan dagang ke depan.

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. Foto: NDTV

Penurunan nilai perdagangan Indonesia-Malaysia bernilai US$ 23,52 miliar atau setara dengan 6,16 persen dari total perdagangan Indonesia dimulai sejak 2012. Kemudian pada 2014, menurun menjadi US$ 20,59 miliar atau tumbuh negatif 14,19 persen dibandingkan 2013 yang bernilai US$ 23,99 miliar.

Proporsi nilai perdagangan Indonesia dan Malaysia terhadap total perdagangan Indonesia pun menurun. Pada 2014, kontribusi perdagangan Indonesia dan Malaysia sebesar 5,81 persen terhadap total perdagangan Indonesia. Proporsi ini menurun menjadi 5,1 persen pada 2016 hingga 2017.

Bahlil mengatakan, di ASEAN, posisi Malaysia sangat strategis bagi Indonesia sebab negara jiran itu merupakan pasar terbesar kedua Indonesia, setelah Singapura. sebagai tujuan ekspor Indonesia.

Ilustrasi perdagangan. Foto: Kukuh Saputro

Dia mengatakan, Malaysia menempati posisi ke lima besar dunia negara tujuan ekspor utama Indonesia. Sedangkan Cina merupakan negara tujuan ekspor pertama Indonesia.

Perdana Menteri Tertua

Pada usia 92 tahun, ia menjadi Perdana Menteri Malaysia tertua yang masih hidup sekaligus kepala negara atau pemerintahan tertua di dunia.

Ia adalah PM Malaysia pertama yang tidak berasal dari koalisi UMNO–Barisan Nasional.

Mahathir Mohamad. Foto: Photo: Reuters

Mahathir juga merupakan PM Malaysia pertama yang menjabat tidak berturut-turut.

Ia berjaya setelah oposisi Pakatan Harapan yang dipimpinnya memenangkan pemilu dengan perolehan 112 kursi dari 222 kursi parlemen yang diperebutkan.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH