Kemenangan Jokowi Ubah Peta Partai Koalisi? Ini Jawaban TKN Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.Com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto memprediksi ada perubahan peta koalisi pemerintah seiring dengan kemenangan Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

Menurut Hasto, adalah kewajaran jika terjadi perubahan koalisi setelah perhitungan resmi KPU diumumkan dan ditetapkan. Apalagi saat ini baik PDIP maupun Jokowi-Ma'ruf memimpin perolehan suara secara nasional.

Setidaknya ada partai politik yang akan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Untuk itu karena ini terkait dengan koalisi pemerintahan tentu saja Presiden Jokowi yang nanti punya kebijakan dan akan dikonsultasikan temtu saja dengan para Ketua Umum Parpol pengusung, " kata Hasto di Kantor TKN, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Pasangan Jokowi-Ma'ruf
Pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 (Foto: NETTV)

Hasto melanjutkan, pembentukan koalisi pemerintahan bertujuan untuk mempertanggungjawabkan janji kampanye dan memastikan agar seluruh janji kampanye bisa berjalan dengan baik.

"Selain kalkulasi stabilitas dan efektivitas pemerintahan. Seperti 2014 lalu kemudian bergabung PPP dan partai Golkar serta PAN," ungkap dia.

Jokowi, lanjut Hasto, juga bakal bertemu dengan beberapa tokoh. Seperti tokoh agama juga sangat penting dan sesuai dengan karakter Jokowi.

"Jadi kepemimpinan yang meneduhkan, kepemimpinan yang merangkul. Kami mengingatkan kembali bahwa begitu pak Jokowi-Ma'ruf Amin terpilih, mereka akan menjadi pemimpin dari wakil seluruh rakyat Indonesia, bukan presiden dan wakil presiden golongan tertentu, bukan parpol tertentu, tapi Presiden dan wakil presiden dari seluruh rakyat Indonesia," tandas Hasto Kristiyanto.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH