Kemenaker Beri Bantuan Pelatihan Kerja di Pesantren

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 20 Mei 2018
Kemenaker Beri Bantuan Pelatihan Kerja di Pesantren
Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Merahputih.com - Kementerian Ketenagakerjaan terus memberikan bantuan kepada pesantren-pesantren agar para santri dan alumninya bisa diterima pasar kerja atau bisa mengembangkan wirausaha. program pelatihan yang diberikan berbasis kejuruan.

Ada 80 kejuruan yang juga bisa diakses oleh alumni-alumni pesantren dan santri. Salah satu yang disediakan adalah kemudahan akses untuk mengikuti pendidikan maupun pelatihan vokasi bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja.

"Termasuk kita juga bantu dengan fasilitas pelatihan di dalam pesantren sehingga santri-santri sebelum lulus bisa dilatih mengembangkan skill tertentu seperti IT, otomotif atau keterampilan yang lain," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam keterangannya, sabtu (19/5).

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hanif mengatakan, sesungguhnya jika bicara komitmen pemerintah melalui politik anggaran sudah cukup besar anggaran-anggaran yang dialokasikan kepada pesantren. "Bahkan sekarang LPDP (Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan) itu juga diberikan porsi untuk santri-santri apabila mau belajar di dalam maupun di luar negeri, mulai S1 hingga S3," kata Hanif.

Dia mengatakan pemerintah perlu meningkatkan sosialisasi terhadap program-program itu sehingga masyarakat dan pesantren tahu ada program pemerintah yang bisa diakses untuk meningkatkan kualitas dan daya saing santri," tutur Menaker Hanif.

Kementerian Ketenagakerjaan bisa membantu melalui penyediaan fasilitas-fasilitas pelatihan untuk para santri seperti alat-alat IT.

"Kami juga akan dorong kementerian yang lain agar mereka bisa melihat keadaan pesantren dan bisa membantu pesantren mengembangkan sarana maupun prasarana agar santri santri dapat belajar secara lebih baik," kata Hanif. (*)

#Menaker #Pondok Pesantren
Bagikan
Bagikan