Kemenag Solo Imbau Warga Tak Tergiur Umroh Murah Ilustrasi jamaah umrah (ANTARA FOTO/HO/pras)

MerahPutih.com- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo mengimbau kepada warga untuk tidak mudah tergiur dengan adanya tawaran umroh dengan tarif murah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kasus penipuan biro perjalanan umrah yang akhir-akhir ini terus terjadi.

Kasi Perjalanan Haji dan Umrah (PHU) Kemenang Kota Solo, Rosyid Ali Safitri kepada wartawan, Kamis (29/3) mengatakan, sampai saat ini pihaknya gencar melakukan himbauan tersebut. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi melalu berbagai media.

”Kemarin sudah kami lakukan melalui media radio, kedepan akan kami sosialisasikan melalui media cetak dan elektronik. Ini salah satu bentuk pencegahan kami,” jelas Rosyid.

Salah satu himbauannya, yakni tidak tergiur dengan biaya umrah yang besarnya di bawah standart. Pasalnya, menurutnya biaya umrah itu diatas Rp 20 juta.

”Memang selama ini untuk biaya umrah diatas Rp 20 juta. Kami tak ingin ada warga menjadi korban lagi, sehingga kami meminta tetap berhati-hati,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga memanggil seluruh agen biro umrah yang ada di Solo. Dimana pihak Kemenag, meminta semua agen untuk menaati peraturan yang sudah ada, salah satunya jika membuka cabang di Solo harus mengantongi izin dari Kemenag Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

”Selama ini kami meihat masih banyak yang belum menaati peraturan tersebut. Karena mereka beranggapan izin dari Kemenag pusat sudah cukup, padahal itu tidak. Harus ada dari Provinsi dan Kota yang memiliki cabang,” terang Rosyid.

Berita ini merupakan laporan Win, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH