Kemenag Gunakan Metode Rukyat dan Hisab Tentukan Awal Ramadan Sidang sidang Isbat di Aula Kemenag (Foto: twitter @kemenag_ri)

MerahPutih.Com - Kementerian Agama menggelar sidang Isbat penentuan awal Bulan Ramadan 1439 H di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Sidang penentuan awal puasa bagi umat Islam itu turut dihadiri oleh sejumlah tokoh perwakilan ormas islam, MUI, duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR, pihak BMKG, Lapan, hingga masyarakat umum.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kemenag menggelar diskusi serupa untuk menyatukan persepsi soal penentuan awal Ramadan. Hal serupa juga digelar untuk menerima Hari Raya Idul Fitri.

Sidang Isbat di Kemenag
Suasana sidang Isbat di Kemenag (MP/Fadhli)

"Tujuannya adalah manyatukan metode hasil rukyat hilal dengan hisab, kemudian dimusyawarahkan atau didiskusikan lalu diputuskan awal Ramadan," kata Direktur Urusan Agama Islam Pembinaan Syariah Juraidi, di sela-sela sidang.

Diakuinya, perbedaan umat Islam terkait penentuan hilal biasa terjadi karena perbedaan persepsi penggunaan dua metode ini. Akan tetapi, di sidang Isbat ini, Kemenag berusaha mengakomodir kedua metode ini, yaitu rukyat (melihat bulan) dan hisab (metode penghitungan).

"Kita berusaha menyatukan dan menyepakati dua metode ini dalam penentuan awal Ramadan di sidang Isbat," terangnya.

Pengamatan Hilal
Pengamatan hilal oleh tim Kemenag (ANTARA FOTO)

Dia pun berharap semoga keputusan musyawarah nanti membahagiakan seluruh umat Islam.

"Semoga umat dapat menjalankan puasa bersama dan berlebaran bersama, kalau pun agak berbeda semoga dapat berlebaran bersama," ujarnya.

Informasi yang beredar, PP Muhammadiyah telah menyatakan bahwa awal Ramadan jatuh pada Kamis (17/5) mendatang. Sementara, PBNU dan ormas Islam lainnya masih menunggu keputusan pemerintah.

Pantauan di lokasi sidang Isbat, musyawarah masih terus berlangsung, hanya saja pada saat pengambilan keputusan, sidang akan digelar tertutup dan akan diumumkan setelah menemui kesepakatan bulat.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sidang Isbat Diawali Pemaparan Posisi Hilal

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH