Kemen PUPR Restorasi Pura Mangkunegaran dengan Anggaran Rp 18 Miliar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 05 Oktober 2021
Kemen PUPR Restorasi Pura Mangkunegaran dengan Anggaran Rp 18 Miliar
Pura Mangkunegaran dilakukan renovasi oleh KemenPUPR, Selasa (5/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana sebesar Rp 18 miliar untuk merestorasi bangunan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah yang sudah rusak.

Restorasi akan meliputi bangunan Ndalem Ageng, Pringgitan, sebagian kecil Pendopo. Kemudian Ndalem Prangwedanan bagian utara, Rekso Pustoko, dan lansekap.

Putra bungsu Mangkunegara IX GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan, rehabilitasi Pura Mangkunegaran sudah dimulai sejak Mei 2021. Proyek perawatan bangunan cagar budaya (BCB) memakan anggaran sebesar Rp 18 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr).

Baca Juga:

Peringatan 40 Harian Wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Suksesi Adipati Belum Ditentukan

"Perbaikan Pura Mangkunegaran ini tidak bisa sembarangan karena bangunannya masuk Benda Cagar Budaya yang dilindungi UU," kata Bhre, Selasa (5/10)

Ia mengatakan, rehabilitasi sejumlah bangunan utama di kompleks Pura Mangkunegaran berupa penanganan atap bocor, perbaikan saluran drainase dan penanganan genangan air. Kemudian perbaikan total perpustakaan setempat (Rekso Pustaka), hingga perbaikan lantai dua gedung perkantoran Praja Mangkunegaran.

"Harapannya pekerjaan berjalan lancar sampai Desember. Tidak ada kendala sehingga wisatawan bisa kembali berdatangan," kata dia.

Putra bungsu Mangkunegara IX, G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (MP/Ismail)
Putra bungsu Mangkunegara IX, G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (MP/Ismail)


Ia menambahkan, pekerjaan ini awalnya digarap 2020, tapi mundur ke tahun 2021. Perbaikan dilakukan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga tidak mengganggu kunjungan wisata.

"Kami menggunakan momentum ini untuk produktif, membenahi apa yang bisa kami benahi. Perbaikan ini untuk menunjang agar wisatawan lebih aman," kata dia.

Baca Juga:

Gibran Bicara soal Suksesi Raja Mangkunegara IX

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menambahkan, proyek rehabilitasi yang dilakukan pemerintah pusat itu berjalan lancar sehingga dapat rampung tepat waktu.

Pura Mangkunegaran sendiri menjadi salah satu lokasi andalan wisata sejarah di Solo.

"Sejauh ini perbaikan berjalan lancar tidak ada kendala," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Siapa Pengganti KGPAA Mangkunegara IX? Ini Kata Sejarawan Kota Solo

#Mangkunegaran #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan