WEC 2022

Kemegahan Upacara Kolosal Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 02 Desember 2022
Kemegahan Upacara Kolosal Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022
Kemeriahan upacara pembukaan IESF 14th World Esports Championships 2022. (Foto: Garudaku/Rizki Fitrianto)

RATUSAN lelaki pelbagai usia mengenakan kain poleng hitam dan putih merangsek area lalu mengepung Earth Stage, Indonesia E-Sport Summit & IESF 14th World E-Sport Championships 2022, Jumat (2/12), di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali. Mereka kompak duduk bersila lantas mengangkat tangan sambil merapal ‘cak’ bersama-sama, membentuk irama khas mengikuti arahan seorang pandita di atas panggung.

Di tengah merancaknya tarian, muncul barong mengambil posisi paling depan dari penonton VIP, lalu berlenggak-lenggak meningkahi musik dari mulut para penari kecak. Sejelang kemudian, menyusul para penari remaja nan sebelumnya menari bersama para pemain Marching Band Universitas Warmadewa, menggabungkan diri menyongsong tinggi bendera IESF, PB ESI, Bali 2022, dan tiga maskot IESF 14th World E-Sports Championships 2022. Mereka membuat pola gerakan tarian beriringan secara kolosal di bawah semburat warna-warni lampu pentas.

Baca juga:

IESF World Esports Championships 2022 Siap Digelar, Siapa Jagoanmu?

WEC Bali 2022
Singa barong dan seluruh penari dari pelbagai daerah di Nusantara menyemarakkan pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 resmi bergulir. (Foto: Garudaku/Rizki Fitrianto)

Kurang dari semenit, musik mendadak berhenti dan semua penari berdiri mematung. Perlahan musik choir tedengar disusul para penari menyanyikan bait demi bait lagu Padamu Negeri. Suasana berubah khidmat bahkan para tetamu di kursi VIP melarut khusyuk terbawa suasana.

Pergelaran kolosal pada acara pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 selanjutnya disambung kehadiran para atlet e-sports dari 106 negara, mulai dari Indonesia, Argentina, Bangladesh, Belgia, Bhutan, Brasil, Brunei Darussalam, Myanmar, Republik Dominika, Ekuador, hingga Prancis.

“Inilah wajah e-sports yang sesungguhnya. Cabang olahraga baru ini tidak hanya jadi pencapaian prestasi dari seluruh bangsa, tapi juga berpotensi sebagai penggerak ekonomi pasca-COVID-19. Berdasarkan data World Eonomoy Forum, e-sports mampu mengangkat perekonomian dunia. Terdapat 118 juta gamers di Indonesia. Tentunya ini menjadi tantangan bagi para pemangku kepentingan, tidak hanya pemerintah, tetapi juga dunia pendidikan,” kata Ketua Harian Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo dalam sambutannya.

WEC Bali 2022
IESF 14th World E-Sports Championships 2022 resmi dibuka. (Foto: KamiBijak/Evan Andraws)

Presiden International E-Sports Federation (IESF) Vlad Marinescu tak henti-hentinya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara akbar ini.

“Saya sangat senang melihat kita semua di sini. Saya senang karena tidak hanya menampilkan musik, budaya, dan makanan, tapi kalian di sini membuat kita bersatu. E-sports adalah dunia baru olahraga,” kata Marinescu.

Baca juga:

Presiden IESF: Mobile Gaming akan Jadi Masa Depan Esports

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir di acara itu mengapresiasi gelaran IESF 14th World E-Sports Championships 2022.

“Hari ini menjadi momen istimewa bagi Indonesia untuk e-sports. Semoga hari ini menjadi sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar bagi negara dan dunia tentunya. Bertandinglah dengan sportif, dan pererat relasi dengan negara-negara lain,” kata Zainudin.

WEC 2022
Kemeriahan penampilan kolosal di area Earth Stage IESF 14th World E-Sports Championships 2022. (Foto: Garudaku/Rizki Fitrianto)


Gelaran IESF 14th World E-Sports Championships 2022 mempertandingkan enam cabang gim, yakni DOTA 2, Tekken 7, E-Football, Mobile Legends: Bang Bang, Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), dan PUBG Mobile. Terdapat empat stage nan akan menjadi saksi jalannya pertandingan, meliputi Fire Stage, Ice Stage, Air Stage, dan Earth Stage sebagai panggung utama.

Ada pula Water Stage yang menghadap ke pantai dan hanya digunakan untuk panggung festival. Para pengunjung dan peserta lainnya bisa menyaksikan jalannya pertandingan sambil berenang sembari menikmati pemandangan pantai.

Indonesia E-Sport Summit & IESF 14th World E-Sport Championships 2022 digadang-gadang menjadi ajang kompetisi e-sports satu-satunya diselenggarakan di ruang terbuka, hanya selemparan batu dari bibir pantai.

Kamu bisa menyaksikan seluruh pertandingan lewat streaming di Youtube Garudaku. (and)

Baca juga:

‘Earth Stage’, Panggung Outdoor E-Sports Pertama di Dunia

#Esports
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan