Kembalikan Fungsi Tangan Penderita Stroke dengan Sarung Tangan Robotik

Fadhli Fadhli - Sabtu, 20 Juni 2015
Kembalikan Fungsi Tangan Penderita Stroke dengan Sarung Tangan Robotik
Sarung tangan robotik untuk melatih tangan penderita stroke. (Foto: technologyreview)

MerahPutih Teknologi - Bagi penderita stroke tentu akan sulit melakukan berbagai kegiatan ketika tangannya yang terserang. Itu karena hampir matinya kontrol motorik halus. Namun fungsi tangan penderita stroke dapat berangsur membaik dengan sarung tangan robotik.

Sarung tangan ini dilengkapi dengan rangkaian sirkuit robotik yang lunak, menyerupai otot manusia. Sarung tangan yang masih dalam masa uji coba ini mampu mengembalikan kemampuan cengkraman tangan penderita stroke dengan berlatih kegiatan meremas.

Dikembangkan oleh tim peneliti di Harvard University, seperti diungkapkan Technology review, sarung tangan ini dirancang untuk meningkatkan kekuatan tangan yang tersisa. Cara kerja robot lunak ini sukup sederhana, dengan menggunakan kantung air di pergelangan tangan anda.

Jika air dalam reservoir dipompa menuju ke jari-jari, maka jemari anda akan meringkup seperti menggenggam, begitu pun sebaliknya. Namun tentu saja sarung tangan robotik ini tidak akan berpengaruh jika tidak ada niat untuk sembuh dari anda.

 

Baca juga:

Nikmati Wahana Bermain dengan Perangkat Virtual Reality

Misteri Tombol Huruf ‘F’ dan ‘J’ pada Keyboard

Starbreeze Kembangkan VR Setelah Akuisisi InfinitEye

Bisa Bicara, Robot Seks Ini Dijual Rp134 Juta

Nanoswimmer, Robot Kecil Pengantar Obat ke Sel Kanker

#Tangan Robot #Robotik
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan