Kembali Langsing Pasca Melahirkan Meski Menunda Diet dan Olahraga Ibu pasca melahirkan bisa kembali langsing (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

ISU yang biasa membayangi ibu yang baru melahirkan adalah kenaikan berat badan. Walaupun bayi sudah lahir, bagian perut belum kembali ke ukuran semula. Dengan masih besarnya bagian perut, para ibu muda kerap mendapat bodyshaming dari orang-orang yang datang menjenguk jabang bayi. "Hamil lagi ya?" "Ih kok perutnya masih kayak hamil?" demikian komentar pedas yang biasa meluncur dari orang-orang di sekitar. Padahal, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat, sebanyak 29% orang memiliki resolusi menurunkan berat badan.

Sebanyak 45% memilih olahraga sementara 43% lainnya memilih makan makanan sehat untuk membantu tubuh kembali bugar. Tapi bagaimana mungkin dua hal tersebut dilakukan oleh para ibu menyusui? Olahraga enggak sempat. Mau diet pun jelas mustahil. Ngurus dan menyusui anak butuh tenaga ekstra. Kalau membatasi makan jelas bisa pingsan! Namun ternyata ada cara lain yang tidak biasa untuk membakar kalori. Beberapa dari mereka tidak akan memakan banyak waktu. Jika dilakukan secara teratur, hal berikut akan membantu tubuh tetap bugar tanpa menghabiskan berjam-jam di gym plus mengembalikan berat badan.

Berikut cara mudah untuk membakar kalori, dan beberapa di antaranya sama efektifnya dengan berolahraga.

Baca Juga:

Mengenal Manoreksia, Gangguan Makan pada Laki-Laki

Mandi air panas

mandi
Mandi air panas bisa menjadi langkah brilian untuk rileks dan menghilangkan stres. (Foto: Pexels/Yosef Ariel)

Punya anak bisa 'menguji' kewarasan mama muda. Mulai dari begadang hingga menyusui nonstop. Mandi air panas bisa menjadi langkah brilian untuk rileks dan menghilangkan stres. Namun ternyata bukan hanya menurunkan kadar stres, menghabiskan waktu hingga satu jam di pancuran air panas atau berendam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kelebihan berat badan juga, moms! Ketika mandi air panas, tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normalnya. Pada akhirnya, itu membantu kita membakar lebih banyak kalori. Penelitian yang dilakukan oleh telah menunjukkan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membakar 130 kalori dan mungkin merupakan strategi yang baik untuk menurunkan berat badan.

Minum air dingin

minum air dingin
Ibu menyusui harus minum air putih hingga tiga liter perhari. (Foto: Pexels/Sovia Shvetsova)

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Apalagi untuk ibu menyusui. Ibu menyusui harus minum air putih hingga tiga liter perhari. Bukan hanya jumlah, jenis air minum yang dikonsmsi juga dapat meningkatkan pembakaran kalori. Konsumsi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan. Saat kamu minum air dingin, tubuh harus menghangatkan tubuh hingga mencapai suhu tubuh, yang untuk sementara meningkatkan metabolisme.

Bersih-bersih rumah

Cuci piring
Olahraga mudah dan murah, cuci piring! (Foto: Pexels/Rodnae Production)

Mencuci lantai dan mencuci piring mungkin buat malas. Ternyata aktivitas rumah tangga yang tampak sederhana sebenarnya dapat berkontribusi dalam penurunan berat badan. Tetap menjaga kebersihan rumah, aktivitas beres-beres rumah juga membantumu menurunkan berat badan. Menghabiskan waktu untuk mencuci piring dapat membantumu membakar 100 kalori. Menggosok kamar mandi selama 35 menit membakar kalori yang sama banyak dengan berjalan di atas treadmill selama 35 menit.

Baca Juga:

Atasi Depresi dengan Terapi Aktivasi Perilaku

Menghirup vanila

Karina
Aroma vanila turunkan nafsu makan. (Foto: Pexels/Karina Zhukovskaya)

Ternyata bau tertentu dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Dalam Kongres Ahli Diet para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan lebih sedikit ingin makan makanan manis saat menghirup aroma terapi vanilla. Jika kamu tidak nyaman dengan aroma terapi pilihlah parfum beraroma vanilla yang akan menenangkanmu dan membuat nyaman orang-orang yang menghirupnya. Plus, dapat menekan nafsu makan.

Menyusui

menyusui
Bakar banyak kalori dengan menyusui (Foto: Pexels/Kristina Paukshtite)

Salah satu anugerah yang biasa didapatkan oleh para ibu baru melahirkan adalah produksi air susu ibu. Tidak hanya memberi banyak kebaikan bagi tumbuh kembang si kecil, memproduksi dan menyusui si kecil juga bisa membakar banyak kalori loh, moms! Ketika tubuh memproduksi dan menghasilkan air susu, tubuh membakar 200 hingga 500 kalori loh! Kenaikan berat badan si kecil ideal, penurunan berat badan ibu pun turut ideal!

Main dengan si kecil

main dengan si kecil
Main dengan si kecil mempererat ikatan batin. (Foto: Pexels/shotpot)

Memperkuat ikatan emosional dengan si kecil adalah salah satu hal penting dalam dunia parenting. Ikatan dengan anak adalah hadiah paling berharga yang dapat diberikan kepada si kecil. Menghabiskan waktu bersama anak menunjukkan bahwa mereka dicintai. Memiliki rasa hubungan dengan orang tua akan membantu untuk mempromosikan sense of belonging mereka dan membangun rasa percaya diri. Jenis permainan tertentu yang melibatkan fisik juga dapat membakar kalori si ibu loh.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui untuk mengembalikan berat badannya tanpa harus diet ekstrem atau berolahraga. Asupan nutrisi dan jumlah air yang di minum tetap harus diperhatikan ya, moms! (avia)

Baca Juga:

5 Hal untuk Memulai Hari Jadi Lebih Bahagia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cermat Pesan Kamar Hotel untuk Staycation di Tengah Pandemi
Tradisi
Cermat Pesan Kamar Hotel untuk Staycation di Tengah Pandemi

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer sendiri

Waktu Tepat Cuci Handuk
Hiburan & Gaya Hidup
Waktu Tepat Cuci Handuk

Minimal seminggu sekali.

Bagaimana Cara Mewujudkan Ide Jadi Produksi Film?
Fun
Bagaimana Cara Mewujudkan Ide Jadi Produksi Film?

Film adalah sebuah media yang universal dan mampu berbicara.

Satu Per Empat Rilis Mini Abum 'Lelucon Revivalis'
ShowBiz
Satu Per Empat Rilis Mini Abum 'Lelucon Revivalis'

Satu Per Empat sajikan nuansa rock alternatif yang segar untuk musik Indonesia.

Lima Kebiasaan Terus Dilakukan Setelah Pandemi
Fun
Lima Kebiasaan Terus Dilakukan Setelah Pandemi

Jika pandemi berakhir, kebiasaan ini tetap ada.

Alasan BTS Meals hanya Bisa Dipesan Lewat Ojek Online atau Drive Thru
Fun
Alasan BTS Meals hanya Bisa Dipesan Lewat Ojek Online atau Drive Thru

BTS Meal yang akan hadir di Indonesia merupakan deretan menu favorit para member BTS.

Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia
ShowBiz
Salip Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia

Elon Musk dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

AC mobil perlu diperhatikan dan dirawat. Dengan begitu, hawa panas dari sinar matahari bisa di-filter oleh AC.

Floyd Mayweather Keluarkan Rp14,2 miliar Beli Mobil untuk Teman-Temannya
Fun
Enam Peserta Terakhir Bersaing di ICRC 2022
Fun
Enam Peserta Terakhir Bersaing di ICRC 2022

Dari 12 peserta, enam peserta terakhir bersaing cukup ketat hari ini.