Relasi

Kembali Bekerja Setelah Libur Panjang

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 20 Juni 2018
Kembali Bekerja Setelah Libur Panjang
Bekerja kembali setelah libur panjang harus dipersiapkan. (Foto: {Pixabay/rawpixelcom)

LIBUR lebaran telah usai. Kembali bekerja setelah libur panjang merupakan masa transisi yang cukup berat. Jika tidak dipersiapkan dengan baik maka dapat menimbulkan stres. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar kembali siap bekerja setelah libur panjang tanpa menyebabkan stres.

1. Buat Daftar Proyek/Tugas Sebelum Pergi Berlibur


Jauh dari kantor atau kampus bukan berarti kita harus melepaskan seluruh tugas dan tanggung jawab. Untuk meringankan tugas kita selepas berlibur, buatlah rincian harian. Buat daftar proyek atau tugas yang akan dikerjakan. Tulis juga daftar prioritas untuk hal-hal yang akan kamu lakukan agar kita tak bingung saat harus kembali berkutat dengan tugas begitu libur usai.

kerja
Buatlah planning kerja. (Foto: Pixabay/Pexels)

2. Bersihkan Meja Sebelum Masuk Kantor


Hal ini bisa diaplikasikan di rumah atau tempat kerja. Sehari sebelum masuk, sempatkan waktu untuk membersihkan rumah atau ruang kerja dari berbagai dokumen yang tercecer saat kita liburan. Melihat meja yang rapi memberi sugesti ke otak agar kita bisa lebih tenang. Kita pun lebih siap menjalani aktivitas setelah berlibur.

3. Beri Waktu Pada Diri


Cobalah beri waktu pada diri kita jika memungkinkan. Beri jeda antara waktu liburan dengan waktu kita untuk kembali bekerja. Setelah pulang berlibur, tubuh kita akan merasa lelah. Jeda waktu antara liburan dan bekerja bisa kita manfaatkan untuk beristirahat. Kita juga memberikan ruangan agar kita bisa menormalkan kembali diri kita sehingga meminimalisir tekanan.

kerja
Rapihkan meja kerja kamu sebelum beraktivitas. (Foto: Pixabay/stux)

4. Cek Kalender


Sehari sebelum masuk kantor atau kampus, cek kalender. Mengecek kalender membuat kita tak terkejut dengan berbagai tanggung jawab yang harus kita lakukan saat kembali beraktivitas. Kita juga bisa mempersiapkan tugas lebih cepat. Tempelkan label di beberapa dokumen yang harus segera dikerjakan. Cara tersebut memudahkan kita untuk mengerjakan tugas sesuai prioritas.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sesaat sebelum kembali beraktivitas di kantor. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, kita akan terhindar dari stres dan lebih bersemangat dalam bekerja. (avia)

#Semangat Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan