Kecantikan

Kemasan Produk Skincare Pengaruhi Integritas Bahan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 25 Agustus 2022
 Kemasan Produk Skincare Pengaruhi Integritas Bahan
Banyak orang membeli produk hanya karena kemasannya yang cantik dan lucu. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

KETIKA ingin membeli suatu produk kecantikan, kebanyakan orang tidak hanya melihat kegunaan produk saja, tapi juga kemasan yang cantik dan lucu. Kemasan ini sering menarik perhatian calon pembeli. Selain berfungsi estetis dan sebagai daya penarik, kemasan pada produk skincare juga penting untuk melindungi integritas bahan, loh.

Dikutip dari Popsugar, jika pernah menginventarisasi serum vitamin C di meja rias, kamu mungkin akan menemukan bahwa semua kemasan memiliki kesamaan : botol yang buram. Beberapa ada yang kuning, putih, dan hitam. Kemasan buram pada botol bisa melindungi isi skincare terhadap sinar matahari.

Produk Vitamin C sangat penting untuk disimpan di botol buram karena botol buram bisa membantu mengurangi paparan cahaya dan mencegah oksidasi bahan aktif seperti vitamin C. Vitamin C, meskipun bagus untuk mencerahkan, bersifat fotosensitif dan tidak stabil, menyebabkan degradasi secara alami seiring waktu. Sinar matahari dapat mempercepat proses tersebut.

Baca juga:

Weh, Ada Skincare Khusus untuk Kulit Bertato

kemasan produk skincare
Airless Pumps bisa menjaga udara keluar dari kemasan sehingga membuat isi produk tetap segar. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Tidak hanya itu, parfum yang mengandung alergen vanilla, minyak esensial, dan kebanyakan losion, serum, serta minyak juga bersifat fotosensitif. Sinar matahari juga bisa membuat banyak bahan aktif dan berbasis minyak rentan terhadap perubahan warna. Hal tersebut yang menyebabkan barang-barang tersebut lebih terlihat di botol buram dibandingkan di wadah kaca atau plastik bening.

Selain warna, desainnya juga dibuat agar cahaya tak bisa masuk ke kemasan tersebut. Kamu mungkin juga mulai memperhatikan merek yang menggembar-gemborkan 'airless pumps' dalam peluncuran terbaru mereka, meskipun mungkin kamu juga tidak mengetahui perbedaannya dari pump yang biasa.

Airless Pumps bisa menjaga udara keluar sehingga bahan tetap segar. Cara kerja ini berbeda dari Pumps Klasik yang membuat udara keluar dari produk dan bisa juga membuat udara masuk ke dalam formula sehingga mengakibatkan kualitas produk menurun. Ada juga kelebihan dari Airless Pumps, yaitu mencegah masuknya kontaminan seperti oksigen dan bakteri, yang pada gilirannya memastikan produk yang lebih tahan lama dan manjur.

Baca juga:

Terobosan Baru Fenty Beauty, Skincare dan Make-up dalam Satu Produk

kemasan skincare pengaruhi integritas bahan
Sangat penting untuk menyimpan produk kosmetik kamu dengan benar untuk daya optimal dan umur simpan maksimum. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Intinya, perusahaan kecantikan dan produsen produk masing-masing sudah cukup paham dalam mempertimbangkan pengemasan dengan upaya melestarikan formulasi, memperpanjang umur bahan aktif, dan juga mencegah bakteri.

Meski perusahaan skincare sudah mengemas produknya tetap aman, kamu harus tetap menyimpan produk tersebut sesuai arahan yang tertera dalam kemasan. "“Sangat penting untuk menyimpan produk kosmetik kamu dengan benar untuk daya optimal dan umur simpan maksimum”, ujar Rohan Widdison, pendiri dan CEO produsen kecantikan New Laboratories. (yos)

Baca juga:

Mina TWICE Bagikan Tips Skincare

#Produk Kecantikan
Bagikan
Bagikan