Ke Mana Arah Marvel Cinematic Universe Setelah 'Avengers: Endgame'? Kemanakah arah Marvel Universe usai Avengers Endgame (foto: wallpaperplay)

DENGAN tayangnya film Avengers: Endgame, berakhirlah fase ketiga dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Pertanyaan yang muncul di benak banyak orang saat ini yaitu kemanakah arah cerita MCU selanjutnya? Apakah mungkin Avenger: Endgame menjadi akhir dari cerita MCU? Untuk dapat memprediksi bagaimana kelanjutan cerita mari kita lihat dan cari tahu bersama tentang fase keempat MCU.

1. Apa itu Fase Keempat MCU?

Kemana Arah Marvel Cinematic Universe Setelah Avengers: Endgame?
Avengers yang telah menginspirasi kita, kemanakah arah cerita mereka selanjutnya (foto: wallpaperplay)

Fase Keempat adalah fase selanjutnya dari keseluruhan cerita MCU. Bagi kamu yang tidak tahu bahwa cerita MCU terpecah menjadi beberapa fase, kami akan memberi tahu ringkasan dari fase-fase cerita MCU.

Fase pertama dari cerita MCU dimulai dari film Iron Man yang tayang pada tahun 2008. Kemudian setelah itu film-film yang masuk kedalam fase pertama adalah Captain America: The First Avenger, Thor, dan juga Incredible Hulk. Semua film termasuk berfokus kepada pengenalan masing-masing pahlawan tersebut sebelum mereka disatukan ke dalam film The Avenger.

Kemudian fase kedua, berfokus kepada perkembangan dunia di sekitar pahlawan-pahlawan tersebut, khususnya seputar The Big Three yaitu Iron Man (Iron Man 3), Captain America (Captain America: The Winter Soldier), dan Thor (Thor: The Dark World). Fase kedua dari MCU ini juga kemudian memperkenalkan pahlawan-pahlawan baru kedalam MCU yaitu Guardian of The Galaxy dan juga Ant-Man.

Dalam fase ketiga hal yang difokuskan adalah rasa kehilangan dan konsekuensi yang dapat muncul dari niat baik para pahlawan. Nilai ini sangat terlihat dalam film-film yang termasuk di dalam fase ini seperti Captain America: Civil War, Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War, dan tentunya Avengers: Endgame.

Baca juga:

Disney Segera Rilis 8 Film Marvel Fase Keempat Sampai Tahun 2022

Meski belum ada petunjuk mengenai fase keempat, tapi menurut konferensi pers yang diadakan pada Oktober 2014 Kevin Feige selaku presiden dari Studio Marvel berkata bahwa jika ada kelanjutan seri film setelah tahun 2019, maka akan ada film-film selanjutnya.

2. Ucapkan Selamat Tinggal kepada Pahlawan Favoritmu

Kemana Arah Marvel Cinematic Universe Setelah Avengers: Endgame?
Deretan anggota Avengers generasi pertama (Foto: wallpaperplay)

Buat kalian yang sudah menonton film Avengers: Endgame pasti tahu bahwa beberapa anggota Avengers meninggal dalam film tersebut, dan hal itu berarti bahwa tidak akan lagi muncul dalam film-film Avengers selanjutnya.

Selain itu, kontrak beberapa aktor yang memerankan karakter-karakter penting seperti Chris Evans (Captain America), Chris Hemsworth (Thor), Jeremy Renner (Hawkeye), dan beberapa aktor lainnya telah berakhir.

Meski ada kemungkinan adanya perpanjangan kontrak atau penggantian pemeran, tapi tidak ada salahnya bersiap untuk mengucapkan salam perpisahan kepada mereka yang telah menghibur dan menginspirasi kita.

3. Berikan Semangat untuk Pahlawan Baru

Kemana Arah Marvel Cinematic Universe Setelah Avengers: Endgame?
Spider-Man, salah satu pahlawan baru dalam seri MCU (Foto: wall.alphacoders)

Dimana ada pertemuan maka ada juga perpisahan, dan juga begitu sebaliknya. Meski kita tidak mungkin bertemu lagi dengan Iron Man, tapi begitu banyak pahlawan baru yang diperkenalkan dalam MCU selama tiga fase ini. Tidak menutup kemungkinan munculnya pahlawan-pahlawan baru dalam fase selanjutnya.

Contohnya seperti Spider-Man yang tak lama lagi akan mengeluarkan sekuel terbarunya yaitu Spider-Man: Far From Home. Melihat bagaimana cerita Spider-Man bisa akhirnya masuk ke dalam MCU setelah adanya kesepakatan dan kerjasama antara Marvel dan Sony, maka tidak menutup kemungkinan munculnya X-men ataupun Fantastic Four ke dalam MCU. Selain X-men, banyak juga karakter dari Marvel Comics yang belum muncul ke dalam film-film MCU.

4. Pahlawan Baru, Penjahat Baru

Kemana Arah Marvel Cinematic Universe Setelah Avengers: Endgame?
Annihilus, salah satu kandidat penerus Thanos (foto: comicbasics)

Pertemuan dan perpisahan tak hanya terbatas kepada para pahlawan saja, tetapi juga kepada para penjahat yang berambisi dan berusaha untuk menghancurkan dunia. Dengan mati Thanos dalam Avengers: Endgame begitu juga seri Infinity Stones berakhir.

Hal tersebut yang kemudian membuat kita kehilangan kedua aspek penting yang dapat menjadi petunjuk kita ke fase empat yaitu penjahat utama dan arah cerita selanjutnya.

Baca juga:

Penjahat-Penjahat ini Belum Tampak dalam Film Marvel

Karakter Penjahat Produksi Marvel Cinematic Universe Berikut Siap Geser Popularitas Thanos

Namun bukan berarti tidak akan ada munculnya seorang penjahat yang memiliki ambisi dan kekuatan yang jauh lebih kuat dibanding Thanos. Contohnya saja Annihilus dari Marvel Comics yang memiliki ambisi serupa dengan Thanos, namun memiliki cara yang berbeda untuk mencapai tujuannya.

Selain itu kandidat penjahat yang dapat mengganti Thanos hampir tidak terhitung karena entah mengapa para pahlawan selalu saja dapat memancing perhatian para penjahat. (sep)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH