Karier
Creative Thinking Penting Banget di Dunia Kerja Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan di dunia kerja. (Foto: Pexels/Fox)

BEBERAPA bidang pekerjaan menyiratkan keterampilan berpikir kreatif menjadi salah satu spesifikasi penting untuk mengisi sejumlah posisi bahkan posisi vital. Banyak pengusaha dan pebisnis membutuhkan karyawan untuk dapat berpikir kreatif agar bisnis mereka dapat terus eksis.

Tak mengherankan bila kemampuan berpikir kreatif saat ini menjadi salah satu aset penting baik bagi pekerja atau karyawan maupun bagi pengusaha dan pebisnis. Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kamu ialah calon karyawan yang kreatif, kamu bisa memasukkan kata kunci yang mengonfirmasi kreativitas kamu di CV seperti kata 'segar' dan 'inovatif'.

Baca juga:

Creative Thinking Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Orang dengan kemampuan creative thinking lebih mudah diterima kerja. (Foto: Pexels/fauxels)

Tentu strategi itu akan menjadi pemain kunci dalam menciptakan kesempatan diterima sebab pemilik perusahaan bisa saja mempertimbangkan bahkan menerima kamu. Nilai lebih karyawan yang kreatif memang sangat diperlukan seperti mampu menemukan solusi kreatif untuk meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa meningkatkan jumlah tenaga kerja.

Perusahaan sudah pasti akan tertarik dengan ide-ide brilian yang kreatif tanpa perlu meningkatkan biaya, tapi dengan meningkatkan efisiensi tenaga kerja yang ada. Selain itu, kamu juga harus dapat menunjukkan sisi kreatif pada saat wawancara terutama bila bidang pekerjaan yang kamu lamar membutuhkan karyawan dengan keterampilan kreatif tinggi.

Kemampuan creative thinking mencakup lima keterampilan utama, yaitu komunikasi, perspektif luas, pemecahan masalah, analisis, dan penyusunan. Komunikasi berarti kamu dapat berinteraksi dengan rekan kerja dan menyampaikan ide secara efisien dengan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan.

Baca juga:

Punya Skill Creative Thinking Penting Banget

Punya kemampuan berpikir kreatif memudahkan di dunia pekerjaan. (Foto: Pexels/Christina Morillo)

Kamu harus bisa memahami suatu kondisi secara menyeluruh sebelum berpikir secara kreatif tentang situasi tersebut. Kamu juga harus mampu menanyakan tentang suatu masalah dengan tepat, memparafrasekannya, memahami masalahnya, dan menemukan solusi yang unik dan berbeda.

Selain itu, kemampuan untuk berpikir luas juga sangat diperlukan sebagaimana cara pandang yang variatif terhadap berbagai hal memegang peran penting dalam menentukan solusi untuk suatu masalah. Menghadapi masalah dengan pikiran terbuka juga memberi diri kesempatan untuk belajar dan berpikir kreatif.

Perusahaan tidak mempekerjakan orang-orang kreatif hanya untuk bekerja secara efektif, tapi juga untuk membantu menemukan solusi terhadap suatu masalah. Tak jarang kemampuan calon karyawan dalam berpikir kreatif untuk memecahkan masalah besar menjadi salah satu sorotan penting.

Baca juga:

Cara Kreatif Memanfaatkan Kulit Jeruk

Kemampuan berkomunikasi penting untuk menyalurkan ide kreatif. (Foto: Unsplash/Campaign Creators)

Namun, sebelum berpikir kreatif tentang sesuatu, kamu harus benar-benar mengetahui terlebih dulu inti masalahnya. Oleh karena itu, kemampuan menganalisis situasi dan masalah amat dibutuhkan agar dapat menentukan cara paling kreatif dan efisien apa yang bisa menjadi solusi bagi masalah tersebut.

Keterampilan penyusunan juga menjadi bagian penting dari kreativitas sebab kamu harus mampu mengatur ide kamu sehingga mudah dipahami dan ditindaklanjuti rekan kerja. Kamu juga harus mampu mengartikulasikan rencana tindakan dengan tujuan dan tenggat yang ditetapkan.

Secara singkat, skill creative thinking akan sangat membantu kamu melesatkan kariermu. Oleh karena itu, jangan lewatkan deh kesempatan untuk memahami dan mengembangkan kemampuan skill creative thinking kamu lewat acara webinar Creative Thinking: Let Your Idea Grow yang digelar Merahputih.com pada Sabtu 28 Mei mendatang. Kamu bisa mendaftar via tautan https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfvjrDidK-yR_aKCHiWtY9fhWta6bwXTTeM3X1wmbIEgjmsBg/viewform. Akan ada founder Creativenest Patrick Effendy dan content creator Pedro Setiabudi yang akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Jangan lewatkan, ya. (waf)

Baca juga:

Industri Kreatif Jadi Penyangga Ekonomi Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?
Hiburan & Gaya Hidup
Saat atau Sehabis Makan, Kapan Waktu Tepat Minum Air?

Membantu pencernaan bekerja dengan baik.

Reggie Fils-Aime Merespons Isu Eksploitasi Karyawan di Nintendo
Fun
Reggie Fils-Aime Merespons Isu Eksploitasi Karyawan di Nintendo

Fils-Aime akhirnya memberikan pendapat mengenai sebagian komplain dari para karyawan kontraknya dari Axios.

Empress China Bar dan Babahramu Hadirkan 'Bar Take Over'
Fun
Empress China Bar dan Babahramu Hadirkan 'Bar Take Over'

Empress China Bar dan Babahramu akan menggelar event Bar Take Over pada tanggal 18 Maret 2922

Masak Jadi Sarana Terapi untuk Atasi Masalah Kesehatan Mental
Fun
Masak Jadi Sarana Terapi untuk Atasi Masalah Kesehatan Mental

Terapi masak untuk masalah kesehatan mental.

Seperti Apa Ciri-Ciri Anak Terkena Varian Delta?
Fun
Seperti Apa Ciri-Ciri Anak Terkena Varian Delta?

Gejala utamanya bukan kehilangan penciuman

'One Piece' Memperpanjang Hiatus karena Serangan Peretas
Fun
'One Piece' Memperpanjang Hiatus karena Serangan Peretas

Peretas menyerang studio animasi yang menggarap 'One Piece'.

Tetap Bugar dengan Aktif Melakukan Virtual Run & Ride
Fun
Tetap Bugar dengan Aktif Melakukan Virtual Run & Ride

Jangan malas olahraga agar tubuh tetap bugar di masa pandemi.

5 Makanan untuk Menaikan Mood Kamu
Fun
5 Makanan untuk Menaikan Mood Kamu

Ada banyak makanan lezat yang bisa menaikan mood

'Papers, Please' Tuju Android dan iOS Agustus 2022
Fun
'Papers, Please' Tuju Android dan iOS Agustus 2022

Papers, Please game 16-bit puzzle simulation yang timeless.

Phubbing, Perilaku Mengabaikan Orang Karena Ponsel
Fun
Phubbing, Perilaku Mengabaikan Orang Karena Ponsel

Perilaku phubbing tersebut dianggap kasar, tidak sopan, menyinggung, hingga merusak kepercayaan orang lain yang bertemu dengannya.