Kemacetan di Jakarta Menurun, Ini Komentar Anies Baswedan Kemacetan jalanan Jakarta. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Hasil survei situs Tomtom traffic index 2018 merilis bahwa kemacetan di ibu kota Jakarta di tahun 2018 menurut mencapai 8 persen dari tahun sebelumnya.

Menerima hasil survei tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap adanya pengoperasian moda transportasi baru yakni kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT) bisa menurunkan hasil kemacetan survei situs TomTom.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

"Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih tinggi karena angka ini 2018 sebelum ada MRT," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (17/6).

BACA JUGA: Revitalisasi Trotoar Cikini-Kramat Habiskan Rp75 M, Intip Hasilnya!

Namun, Anies tak memiliki target berapa angka yang akan capai Pemprov DKI terkait hasil penurunan kemacetan di Jakarta dari survei TomTom.

"Belum ada target khusus, karena ini rangking. Rangking ini bukan hanga kita tapi juga kota lain. Kalauoun kita turun tapi kota lain turun lebih jauh tentu rangkingnya berubah," tuturnya.

Meski demikian, Anies menuturkan, pemprov DKI akan terus mempertahankan hasil yang baik soal penurunan kemacetan di Jakarta.

"Tapi kita melihat ini sebagai progres positif yang kita akan coba pertahankan terus di tahun-tahun yang akan datang," tutup Anies.

Situs TomTom Trafik Index 2018 merilis bahwa tingkat kemacetan di ibu kota Jakarta tahun 2018 turun mencapai 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kemacetan jalanan Jakarta. Foto: ANTARA

Hasil situs TomTom, Jakarta menduduki peringkat ketujuh kota termacet di dunia. Tingkat kemacetannya sebesar 53 persen atau turun 8 persen dari 2017.

BACA JUGA: Tingkat Kemacetan di Jakarta Diklaim Menurun

Hasilnya Jakarta turun dari peringkat 4 kota termacet sedunia menjadi peringkat 7.

Adapun 10 besar kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index:

1. Mumbai (India): 65 persen
2. Bogota (Kolombia): 63 persen
3. Lima (Peru): 58 persen
4. New Delhi (India): 58 persen
5. Moscow region (Rusia): 56 persen 6. Istanbul (Turki): 53 persen
7. Jakarta (Indonesia): 53 persen
8. Bangkok (Thailand): 53 persen
9. Mexico City (Meksiko): 52 persen
10. Recife (Brasil): 49 persen. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH