Keluarga Pemilik Rumah yang Roboh 'Ngadu' ke DPRD DKI

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 16 Desember 2019
Keluarga Pemilik Rumah yang Roboh 'Ngadu' ke DPRD DKI
Ilustrasi rumah rusak (MP/Ismail)

Merahputih.com - Keluarga pemilik rumah yang roboh di RT 004, RW 008, Jalan Kayu Manis IX, Matraman, Jakarta Timur mengadukan nasibnya ke anggota DPRD DKI Jakarta. Peristiwa tersebut terjadi akibat pengerjaan proyek saluran air Pemprov DKI.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan mengatakan tujuan keluarga meminta bantuan anggota dewan karena ingin ada kejelasan nasib dan tempat tinggalnya segera diperbaiki.

Baca Juga:

Anies Tuding Volume Mobil Penyebab Kemacetan di Kawasan Revitalisasi Trotoar

"Kemarin pagi saya dihubungi Arda (keluarga pemilik rumah yang roboh). Dia bilang rumah keluarga mereka ambruk saat pengerjaan saluran air oleh kontraktor yang ditugaskan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur," papar Judistira saat dikonfirmasi, Senin (16/12).

Usai mendapat laporan, Judistira langsung menghubungi Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur sebagai penanggungjawab agar segera merespon masalah tersebut. "Alhamdulillah dapat tertangani dan sepakat utk diadakan perbaikan oleh kontraktor pelaksana," ujarnya.

Meski demikian, wakil rakyat DKI dari Dapil Jakarta Timur itu mengaku, kemungkinan pihaknya tidak akan memanggil Sudin SDA Jaktim maupun kontraktor pelaksana terkait peristiwa itu.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (tengah) (MP/Asropih)

Anggota Komisi D yang membidangi masalah pembangunan ini pun berpesan agar kontraktor lebih hati-hati dalam bekerja terlebih saat musim hujan.

"Rasanya tidak, kita sudah beri pesan kpd Sudin dan Kontraktor agar menjadi perhatian khusus dan tidak terjadi lagi hal seperti ini," tuturnya.

Seperti diketahui, terjadi insiden robohnya rumah warga di RT 004, RW 008, Jalan Kayu Manis IX, Matraman, Jakarta Timur pada Jumat (13/12) malam.

Kedua rumah itu ambruk diduga terkait dengan adanya pengerjaan saluran air di jalan depan dua rumah tersebut.

Baca Juga:

Tiru PSI, Fraksi Golkar Ikutan Buka Posko Pengaduan

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, perbaikan rumah ambruk di RT 04 RW 08 Kelurahan Kayu Manis, Matraman harus menunggu proyek pembangunan saluran air selesai.

"Dipasang u-dicht dulu nih, u-dicht terpasang baru diperbaiki tembok yang roboh. Karena kalau itu belum kepasang pegangannya enggak ada juga ," kata Juaini.

Ia menuturkan, dugaan sementara penyebab dari robohnya tembok rumah tersebut karena fondasi berada di atas saluran air yang sedang mereka perbesar. (Asp)

#Pemprov DKI #DPRD DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan