Wisata

Keren! Keluarga Ini Setahun Keliling Indonesia Pakai Motorhome RV

Thomas KukuhThomas Kukuh - Jumat, 07 September 2018
Keren! Keluarga Ini Setahun Keliling Indonesia Pakai Motorhome RV
Mobil yang digunakan keluarga Dodi untuk berkeliling Indonesia dalam setahun. (Instagram)

MerahPutih.com - Bagi penggila traveling, mengunjungi berbagai tempat dengan panorama alam yang indah adalah aktivitas sangat menyenangkan. Tak hanya menikmati keindahan alam, namun sekaligus bisa mempelajari kearifan lokal yang pastinya berbeda-beda.

Dodi Kusmajadi, dan istrinya Melati M Puteri termasuk penggila traveling. Bahkan, cenderung ekstrim.

Dodi mengajak istri beserta dua anaknya berkeliling Indonesia selama satu tahun penuh menggunakan Motorhome RV (recreation vehicle).

Mobil

Cerita ini dituturkan netizen bernama Juliana Dewi yang tak lain adalah sahabat Melati M Puteri di akun Facebook-nya. "Jadi, mbak Melati M. Puteri sahabatku yang keren itu, ternyata beneran melaksanakan niatnya keliling Indonesia bersama suaminya mas Dodi Kusmajadi dan anak-anaknya selama 1 tahun," tulis Juliana Dewi seperti dilansir KabarOto.com.

Dalam blog pribadi milik Dodi, diketahui pria tersebut sebelumnya tinggal dan bekerja di negeri jiran Malaysia selama 12,5 tahun. Awal Agustus lalu dia beserta keluarganya baru pindah lagi ke Indonesia.

Mengingat anak-anaknya tumbuh dan besar di Malaysia, Dodi lantas memiliki ide berkeliling Indonesia untuk memperkenalkan akar budaya pada kedua anaknya.

mobil
Dodi dan keluarganya saat singgah di Pantai Embe, Lampung (instgrm)

Karena akan digunakan selama setahun, kendaraan yang ia gunakan dimodifikasi sedemikian rupa. Hingga bagian dalamnya menjadi lebih lega dan nyaman bagaikan di rumah.

Juliana Dewi menjelaskan, mobil yang digunakan untuk pelesir keliling Indonesia ini dirancang khusus oleh Melati dan suaminya. Kemudian untuk pekerjaan konstruksinya, digarap oleh Karoseri Delima Jaya, yang bermarkas di Bogor.

Seperti diketahui, karoseri ini memang spesialis dalam mengubah kendaraan untuk kebutuhan khusus, mulai dari mobil pemadam kebakaran, bis antarkota, ambulance hingga kendaraan antipeluru.

Menggunakan basis Mitsubishi Fuso FE 71 110 PS empat roda, kendaraan yang masuk dalam kelas light duty truck (LDT) tersebut mengalami ubahan di beberapa bagian.

Pada eksterior motorhome yang proses pengerjaannya memakan waktu 4 bulan tersebut, bagian paling mencolok adalah atapnya yang makin tinggi.

Bila dilihat dari data spesifikasinya, Mitsubishi Fuso tersebut memiliki tinggi 2,9 meter, bertambah 700 cm dari standarnya.

Tak hanya itu, atapnya pun ternyata dapat dibuka lagi setinggi 50 cm, supaya menghadirkan sirkulasi udara di dalam.

Canggihnya lagi, bagian luar atap tersebut menyimpan susunan panel surya, yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi tenaga listrik.

mobil
Mobil Dodi yang atapmya sudah dilengkapi panel surya (istgrm)

Selain itu, pada bagian depan terdapat winch yang dapat membantu kendaraan untuk keluar dari jebakan lumpur. Di bagian belakang, terdapat tangga kecil untuk menuju atap, dua buah derijen, serta rak sepeda.

Lalu terdapat tenda yang dapat digulung pada bagian atas samping kiri truk tersebut.

Masuk ke dalam, terlihat istimewa dengan perabotan yang komplet, sehingga nampak seperti sebuah rumah. Karena di dalamnya, terdapat sebuah dapur kecil, lengkap dengan kompor, washtafel, bahkan kitchen set.

Tak hanya itu, persis di sebelah dapur, terdapat kamar mandi yang terbilang komplet, serta sebuah mesin cuci berukuran kecil.

Lalu mengarah ke ruang supir, terdapat meja multifungsi serta sofa berukuran panjang yang dapat diubah menjadi sebuah tempat tidur.

Menariknya, di bawah sofa tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan, seperti perlengkapan snorkling, helm sepeda dan sebagainya.

mobil
Sofa di dalam mobil yang didesain multifungsi. (Instagram)

Keluarga ini memulai perjalanannya pada 3 September kemarin. Di dunia maya, unggahan mengenai perjalanan keluarga ini mendapat beragam komentar.

Selain mendoakan dan memberi dukungan, banyak juga yang mengajak Dodi beserta keluarga untuk mampir ke kotanya. "Mampir ke Padang ya mba. Ntar, disiapin rendang mba. Smg perjalanannya lancar..," tulis akun Merry_egline.

Bahkan ada juga yang mempertanyakan bagaimana mengenai kegiatan sekolah kedua anaknya. "Maaf mau tanya kan ini katanya travelan 1thn. Gmn dedek2nya sekolahnya?," tulis akun biba.syuaibah.

Bila ditelusuri, kedua anak Dodi ternyata mengikuti program home schooling. Karena akan berkeliling Indonesia selama setahun penuh, Dodi mengganti istilahnya dengan travel schooling. Selamat menikmati perjalanan! (*/KabarOto)

#Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan