Keluar dari Kerumunan Massa Pahami kalau demonstrasi cenderung chaos. (Foto: Unsplash/Sabin Basnet)

TANGGAL 2 Desember bakal digelar reuni PA 212, tentunya bagi warga Jakarta lalu lintas akan menjadi macet dimana-mana. Menghindar dari lokasi kerumunan orang adalah langkah terbaik. Cari jalan alternatif untuk sampai di tujuan kamu.

Namun bagaimana bila sudah terlanjur masuk dalam kerumunan seperti itu. Laman KabarOto mengungkapkannya cara-cara untuk dapat keluar dari kerumunan massa.

Baca Juga:

Perlukah Kendaraan Dipanaskan Saat Pagi Hari?

demo
Lebih baik menghindari kawasan yang ada demonstrasi. (Foto: Unsplash/Joseph Chan)

Panik dan bingung adalah musuh utama dalam kondisi seperti ini. Sebaiknya tetap dalam kondisi tenang dan berpikiran jernih, Laman KabarOto mewawancarai Sonny Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), memberikan saran untuk tetap melihat potensi-potensi bahaya yang ada di luar. Gaya defensif adalah cara terbaik untuk mengatasi situasi ini.

Sonny menyarankan bila berada dalam kerumunan massa yang biasanya berpotensi chaos, harus segera menepikan kendaraan di tempat yang aman. Tetap tenang dan melihat sekeliling untuk mencari jalan atau jalur alternatif untuk menuju tempat yang lebih aman.

Baca Juga:

Ancaman Bagi Penunggak Pajak Kendaraan Bermotor

demo
Keselamatan adalah yang nomro satau. (Foto: Unsplash/Monica Melton)

Bila situasi dan kondisi yang ada semakin memanas, yang pertama kamu lakukan adalah tetap menjaga keselamatan penumpang, bila kamu tidak berkendara sendirian. Segera lakukan evakuasi semua penumpang ke tempat yang aman. Tidak usah mengurusi mobil kamu, yang terpenting adalah keselamatan diri.

Kalau memang kamu berani dan kondisi lalu lintas lowong atau lengang, kamu bisa menggunakan mobil keluar dari situasi itu. Sonny hanya merekomendasikan cara ini pada pengemudi yang memang sudah tahu dan paham mengemudikan kendaraan. Kendaraan bisa diputar melawan arah atau melakukan jalan mundur dari arah datang kendaraan.

Sonny menekankan bahwa semua penumpang menggunakan sabuk keselamatan, rem tangan berfungsi baik dan sokbreker juga masih bagus. (*)

Baca Juga:

Deretan Kendaraan Guru yang Sangat Ikonik Pada Zamannya

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH