Kelompok Bersenjata di Ethiopia Serang Bus Penumpang, 34 Orang Tewas

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 16 November 2020
Kelompok Bersenjata di Ethiopia Serang Bus Penumpang, 34 Orang Tewas
Dokumentasi - Foto yang memperlihatkan sebuah jalan di Mekelle, daerah Tigray utara Ethiopia, pada Senin (10/12/2018). ANTARA FOTO/REUTERS/Maggie Fick/foc/cfo/am.

MerahPutih.com - Kelompok bersenjata di Ethiopia barat menewaskan sedikitnya 34 orang dalam serangan bus pada Sabtu (14/11) malam. Demikian menurut badan HAM nasional pada Minggu (15/11).

Serangan terjadi saat kekhawatiran ketidakamanan muncul di tengah kampanye militer di wilayah utara.

Komisi HAM Ethiopia mengatakan, jumlah korban tewas kemungkinan bertambah, setelah apa yang disebut serangan "mengerikan" terhadap bus penumpang di kawasan Benishangul-Gumuz.

Baca Juga:

ASEAN Diminta Tidak Terjebak Rivalitas Dua Kekuatan Dunia

Menurutnya, terdapat laporan serangan "serupa", dan masyarakat menyelamatkan diri dari kekerasan tersebut, di tempat lain di kawasan itu.

"Serangan terbaru itu merupakan penambahan suram dari korban jiwa yang kami tanggung secara kolektif," kata kepala Komisi HAM, Daniel Bekele, melalui pernyataan seperti dikutip Reuters.

Ilustrasi--peta negara Ethiopia (Antara/Istimewa)
Ilustrasi--peta negara Ethiopia (Antara/Istimewa)

Ia mendesak otoritas regional dan federal agar mengoordinasikan sebuah strategi untuk Benishangul-Gumuz terkait serangan "tiada akhir" di wilayah tersebut.

Baca Juga:

Ledakan Jeddah Lukai Empat Orang, Prancis Sebut Serangan Bom

Sejumlah pria bersenjata menewaskan 45 orang di kawasan yang sama pada September, menurut pemerintah Ethiopia.

Kekerasan itu terjadi di tengah perang 12 hari antara pemerintah Ethiopia dan kawasan Tigray di sebelah utara negara tersebut. Para pakar berpendapat bahwa konflik berpotensi memicu kelompok etnik lain untuk mengeksploitasi kekacauan guna mendorong otonomi yang lebih besar. (Knu)

Baca Juga:

Jelang Musim Dingin, Korban Tewas COVID-19 Eropa Capai 300.000

#Ethiopia #Aksi Teror
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan