Kelapa, 'Superfood' yang Gurih Bagi Tubuh Minyak goreng dari kelapa memberikan manfaat kesehatan berlebih. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

KELAPA memiliki beragam kegunaan, baik untuk dikonsumsi atau dijadikan beragam kerajinan. Air kelapa sangat menyegarkan diminum di cuaca panas. Sedangkan daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak goreng. Minyak ini dinilai lebih bersih sehingga tidak menimbulkan efek buruk di dalam tubuh.

Melansir dari healthline.com, kelapa diklasifikasi sebagai superfood. Lemaknya baik untuk tubuh. Nutrisinya bermanfaat untuk pertumbuhan sel. Minyak kelapa dinilai lebih ringan dibanding minyak lainnya. Jika dipanaskan sampai suhu tinggi pun tidak menghasilkan senyawa penyebab kolesterol. Kira-kira apa saja kelebihan minyak kelapa dibanding yang lainnya?


Baca Juga:

Minuman Terunik di Dunia, Salah Satunya Dicampurkan Jari Manusia

1. Asam Laurat

kelapa
Asam laurat berwujud padat dan berwarna putih. (Foto: Pixabay/monicore)

Lemak di dalam minyak kelapa berbeda dengan minyak lain. Lemak ini mengandung asam laurat dan berwujud padat berwarna putih. Senyawa ini identik dengan ASI dan berfungsi sebagai kekebalan tubuh. Selain itu asam laurat bekerja bersamaan dengan antioksidan yang mampu membunuh sel-sel pembentuk kanker.

2. Trigliserida

kelapa
Menjadi pendorong energi cadangan. (Foto: Pexels/Karl Solano)


Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan dalam darah. Lemak ini berfungsi sebagai cadangan energi. Meskipun cadangan ini bersifat baik, kamu tetap harus rajin olahraga agar tidak terjadi penumpukan secara berlebihan. Sama saja kalau badan tidak gerak menjadi gendut juga!


Baca Juga:

Jangan Konsumsi Pisang sebagai Sarapan, Ini Alasannya


3. Sedikit Kalori

kelapa
Berbeda dengan minyak lainnya, kandungan kolesterol di dalamnya sangat sedikit. (Foto: Pixabay/mohoo01)


Hanya sedikit kalori yang terkandung di dalam minyak kelapa. Sehingga seringkali para influencer kesehatan menyarankan pengikutnya untuk mengganti minyak biasa dengan minyak kelapa. Selain menurunkan risiko gemuk, minyak kelapa juga sangat bagus dikonsumsi untuk tubuh karena non-kolesterol. Tetap saja kamu harus membatasi makanan yang mengandung banyak kolesterol.

4. Lebih Cepat Dicerna

kelapa
Minyak kelapa lebih mudah dicerna oleh tubuh. (Foto: Pixabay/silviarita)


Minyak kelapa ternyata mengandung antimikroba. Sehingga mampu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan usus mengalami sembelit. Kalori di dalam minyak kelapa juga cenderung ringan sehingga mudah dipecah oleh tubuh. Jadi, tertarik untuk mencoba? (mar)

Baca Juga:

Ini Manfaat Menjalankan Diet Mediterania


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH