Kelamaan Pakai Masker, Warga Jepang Lupa Cara Senyum

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 26 Mei 2023
Kelamaan Pakai Masker, Warga Jepang Lupa Cara Senyum
Kelamaan pakai masker selama pandemi bikin orang Jepang lupa cara senyum. (foto: pexels/david-dibert)

PANDEMI mengubah banyak hal dalam hidup. Salah satunya kebiasaan memakai masker. Meskipun terbukti bisa menguntungkan untuk kesehatan, memakai masker ternyata punya sisi lain. Setidaknya demikian yang dirasakan warga Jepang.


Sebagian besar masyarakat 'Negeri Matahari Terbit' telah terbiasa memakai masker dalam kegiatan sehari-hari. Terlebih pascapandemi COVID-19. Selama masa itu, banyak masyarakat di Jepang merasa kehilangan kemampuan berinteraksi sosial tanpa penghalang wajah akibat kebiasaan memakai masker. Mereka pun mengumumkan pencabutan aturan penggunaan masker di tempat umum.

BACA JUGA:

Rendahnya Kelahiran Picu Sekolah di Jepang Tutup


Seperti dikabarkan Japan Times, seluruh warga Jepang memiliki keunikan tersendiri. Tak sedikit orang yang memutuskan untuk mengikuti kursus tersenyum guna mempelajari cara senyum dengan benar. Menurut laporan World of Buzz di surat kabar Jepang The Asahi Shimbun, 37 orang, termasuk lansia, mengikuti sesi pelatihan senyum sehari.

jepang
Peserta mengikuti pelatihan senyum dengan menatap cermin.(foto: pexels-cottonbro-studio)


Sesi tersebut berlangsung di Distrik Akabone, Tokyo, pada 7 Mei dan dipimpin Keiko Kawano, seorang pelatih senyum berumur 49 tahun. Kawano bertindak sebagai instruktur. Peserta menggunakan cermin tangan selama sesi untuk melatih senyum mereka. “Karena masker wajah tidak lagi diwajibkan di negara ini, beberapa warga mengikuti kursus tersenyum untuk mempersiapkan diri menghadapi interaksi sosial tanpa masker,” ucap Keiko.


Kawano mengungkapkan tahun ini permintaan pelajaran senyum meningkat empat hingga lima kali lipat ketimbang pada 2022. Seorang peserta menekankan pentingnya senyum dalam komunikasi tanpa masker. Ada juga yang berharap bisa menerapkan pelajaran tersebut dalam kegiatan sukarela dan pertemuan lainnya.

BACA JUGA:

Mengenal Setsubun, Tradisi Melempar Kacang pada Setan di Jepang


Di sisi lain, ia mengatakan kunci tersenyum di balik masker ialah mengangkat otot mata. Yael Hanein, seorang ahli ekspresi wajah, mengatakan dia tidak mengetahui adanya studi akademis yang mendokumentasikan efek pemakaian masker jangka panjang terhadap otot wajah. “Otot-otot wajah dapat dilatih seperti otot-otot lain. Meskipun pelatihan seperti itu biasa menantang karena perbedaan yang besar antara setiap individu,” ucap Hanein yang bekerja di laboratorium neuro-engineering di Tel Aviv University di Israel. “Memang masalah yang mungkin terjadi hanyalah senyum palsu saat orang lain menyadarinya,” lanjutnya.

jepang
Banyak yang ikut kursus senyum untuk bersiap berinteraksi tanpa masker. (foto: pexels-quoc-bao)


Kursus senyum yang diselenggarakan di Jepang dapat membantu orang meningkatkan ekspresi wajahnya dan bahkan membangun kepercayaan diri. Tentu para klien Kawano tampak senang dengan pekerjaannya. Miki Okamoto, juru bicara IBM Jepang, mengatakan sesi pelatihan senyum Kawano diterima dengan baik.(dkr)

BACA JUGA:

Fakta Tentang Perempuan Jepang Ini Buat Tercengang

#Jepang #Berita Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan