Kesehatan
Kelamaan Mager Bikin Sakit Jantung Duduk terlalu lama membuat risiko penyakit jantung meningkat. (foto: unsplash/Mary Eineman)

SERANGAN virus corona membuat semua prang terpaksa diam di rumah. Bekerja dari rumah dan sekolah juga dari rumah. Secara sekilas, bekerja dari rumah memang terdengar menyenangkan. Tanpa susah payah pergi jauh atau berjuang di angkutan umum, kamu bisa bekerja bahkan dari atas tempat tidur.

Terdengar menyenangkan memang. Namun, bekerja dari rumah rentan bikin kamu kurang gerak. Kamu cenderung menghasbikan sebagian besar hari dengan duduk bekerja. Hal itu bisa memberi dampak buruk buat kesehatan kamu loh.

BACA JUGA:

Ini Waktu Paling Tepat Makan Malam Biar Berat Badan Cepat Turun

Sebuah tulisan yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association memaparkan bagaimana gaya hidup mager dan banyak duduk membuat kamu berisiko terkena penyakit jantung. Seperti dilansir Hellosehat, penelitian itu mengamati kebiasaan duduk pada perempuan pascamenopause yanng berusia sekitar 55 tahun atau lebih tua yang memiliki berat badan berlebih. Para perempuan yang menjadi peserta penelitian itu dibagi menjadi dua kelompok etnis, yaitu kelompok Hispanik dan kelompok non-Hispanik.

Peserta dipasangi alat yang akan melacak aktivitas mereka selama 14 hari. Selain itu, mereka juga menjalani tes gula darah sebelum dan sesudah penelitian untuk melihat adanya perbedaan hasil yang akan dihubungkan dengan seberapa lama mereka berada dalam posisi duduk. Kedua kelompok itu menghabiskan rata-rata lebih dari 8,5-9 jam per hari dalam posisi duduk.

Hasilnya, para perempuan yang menghabiskan waktu lebih lama berada dalam posisi duduk menunjukkan hasil tes kesehatan yang lebih buruk jika dibandingkan dengan perempuan yang lebih aktif bergerak.

Para perempuan tersebut menunjukkan adanya faktor-faktor yang akan berpengaruh pada meningkatnya risiko penyakit jantung, seperti angka BMI dan lingkar pinggang yang lebih besar serta kadar gula darah, insulin, dan trigliserida yang lebih tinggi.

Gaya Hidup Mager dan Penyakit Jantung

sitting
Gaya hidup banyak diam bisa membahayakan jantung. (foto: unsplash/creators collective)

Data Riset Kesehatan Dasar pada 2018 menyebut kasus penyakit jantung di Indonesia memang lebih banyak ditemukan pada perempuan. Perempuan yang memiliki penyakit jantung mencapai 1,6% dari populasi, sedangkan pada pria berjumlah 1,3%.

Ada dugaan kuat bahwa gaya hidup mager terkait dengan sedikit atau tidak adanya aktivitas otot yang terjadi saat seseorang sedang dalam posisi duduk. Ketika kamu duduk terlalu lama, metabolisme tubuh pun akan melambat. Tubuh membakar sekitar 50 kalori lebih sedikit dalam satu jam ketimbang jika kamu berdiri. Selain itu, kemampuan tubuh dalam mengatur gula dan tekanan darah serta membakar lemak saat duduk jadi berkurang.

Saat membakar lemak, tubuh mengeluarkan lipoprotein lipase, yaitu enzim yang berfungsi memecah lemak di dalam darah. Duduk terlalu lama mengakibatkan penurunan produksi enzim itu sampai sekitar 90%. Akibatnya, tubuhmu lebih sulit untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi.

people
Bergerak dan berolahraga secara teratur. (foto: pixabay/stocksnap)

Jika hal itu terjadi, asam lemak yang menumpuk dalam darah dapat mengalir dan menyumbat jantung. Penumpukan lemak juga bisa saja memutus aliran darah ke jantung. Itulah yang membuat kamu yang lebih banyak mager dan duduk amat rentan terkena penyakit jantung.

Untuk menghindari risiko penyakit jantung, kamu harus aktif bergerak. Beberapa studi menyarankan untuk bangun dari duduk setiap 30 menit sekali. Rekomendasi lainnya, kamu bisa memberi jeda selama 1-2 menit untuk berdiri dan melakukan hal-hal lainnya.

Selain itu, amat disarankan untuk berolahraga selama sedikitnya 150 menit per minggu. Namun, meski kamu rutin melakukannya, olahraga tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika kebiasaan duduk terlalu lama tetap kamu pertahankan.(*)

BACA JUGA:

Obesitas Menghantui Anak-Anak Akibat Penutupan Sekolah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pendapatan Film 'Demon Slayer: Mugen Train' 'Menggila'
Fun
Pendapatan Film 'Demon Slayer: Mugen Train' 'Menggila'

Dalam tiga hari 'Demon Slayer: Mugen Train' meraih pendapatan RP644 miliar.

LG Luncurkan Air Purifier Berbentuk Masker
Fun
LG Luncurkan Air Purifier Berbentuk Masker

Purifier Udara berbentuk masker tersebut memiliki sepasang kipas dengan tiga kecepatan

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Fun
Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka

Tapi tetap ada peraturan yang harus dipatuhi ketika memasuki Prancis.

Di Amerika Serikat, Lagu 'Baby Shark' Digunakan untuk Siksa Napi
Hiburan & Gaya Hidup
Di Amerika Serikat, Lagu 'Baby Shark' Digunakan untuk Siksa Napi

Terjadi di Penjara Oklahoma County, Amerika Serikat.

Kembali ke Dunia Film, Selena Gomez Main di Horor ‘Dollhouse’
ShowBiz
Kembali ke Dunia Film, Selena Gomez Main di Horor ‘Dollhouse’

Belum diketahui kapan Dollhouse akan memulai jadwal produksi.

Tips Memilih Berlian Berkualitas
Fun
Tips Memilih Berlian Berkualitas

Alih-alih mendapatkan untung karena investasi berlian malah rugi membeli barang berkualitas jelek atau malah palsu.

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Outifit Serba Putih
Fashion
Apple akan Buat Keyboard dari Kaca?
Fun
Apple akan Buat Keyboard dari Kaca?

Terlepas dari kabar keyboard kaca itu, sejauh ini keyboard dengan tombol fisik terasa lebih nyaman

Nostalgia Sandal Masjid Favorit Negeri Aing
Fun
Nostalgia Sandal Masjid Favorit Negeri Aing

Di Negeri Aing jamaah masjid memiliki sandal andalan.

6 Fakta Tanpa Spoiler Seputar The Crown Season 4
ShowBiz
6 Fakta Tanpa Spoiler Seputar The Crown Season 4

Kisah drama ini dimulai pada 1979, saat Margaret Thatcher baru saja terpilih sebagai perdana menteri