Kekuatan Fisik 'Dancer' Setara dengan Atlet? Ketahui Jawabannya Benarkah kekuatan fisik para dancer setara dengan atlet? (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BERPROFESI sebagai seorang atlet harus harus didukung dengan kekuatan fisik yang mumpuni. Artinya selain mengusai teknik permainan olahraga, atlet juga harus memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Sehingga rutinitas latihan fisik dan teknik harus dilakukan dengan seimbang.

Nah, rupanya, enggak cuma atlet yang harus latihan fisik dengan keras. Seorang dancer juga begitu. Di atas panggung gerakan dancer memang terlihat luwes dan gemulai. Tapi jangan salah, kekuatan fisik mereka keren banget, hampir setara dengan atlet.

Baca juga:

Ini Dia Tips dari 'Rocket Crew' untuk Dancer Pemula

Hal tersebut diungkapkan Bagas Ajie Suratama, Dancer dari komunitas dance bernama Invasion DC. "Latihan fisik dancer enggak jauh kayak atlet sih. Seperti push up terus lari juga" ujar Bagas kepada merahputih.com, Sabtu (13/7) di Etoile Dance Center, Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Kekuatan Dancer setara dengan Atlet
Bagas Ajie Suratama dari komunitas Invasion DC (Foto: MP/Ikhsan Digdo)



Menurut Bagas, latihan fisik sangat penting bagi seorang dancer. Karena ada banyak gerakan-gerakan koreografi dance yang menguras tenaga. Kalau fisik sudah lemah seorang dancer bisa enggak sanggup untuk melakukan banyak gerakan koreografi.

Baca juga:

Waacking Dance Bukan Sekadar Goyang tapi Energi

Selain kekuatan fisik, kata Bagas dancer juga harus menjaga pola hidup mereka. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk. Terutama kebiasaan merokok yang bisa membuat nafas menjadi 'pendek'. "Yang penting enggak merokok deh," Bagas menegaskan.

Kekuatan Fisik Dancer Setara dengan Atlet
Latihan koreografi dance (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Untuk memaksimalkan latihan dance. Bagas juga menyarankan agar dancer enggak melewatkan asupan makanan sebelum berlatih. Namun, harus ada jarak waktu makan sebelum melakukan latihan. "Paling enggak makan satu jam sebelum latihan, supaya makanannya larut dulu dalam perut," imbuhnya.

Baca juga:

Lagi Viral, PUBG Dance Challenge, Bikin Kamu Pengin Joget

Bagas juga memberikan tips bagi kamu yang lagi belajar dance. Terutama kamu yang suka dengan dance K-Pop. Fokus menjadi modal utama kata Bagas supaya kamu bisa menguasai berbagai macam gerakan.

Ditambah, perbanyak menonton gerakan koreografi supaya selalu terekam di otak. "Pokoknya kita harus dengerin lagunya terus, kemudian ya kalau lagi gabut lihat videonya aja," tukas Bagas. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya