Parenting
Kekayaan Kosakata Bantu Anak Lebih Merdesa Anak-anak yang tahu lebih banyak kata dan dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik. (freepik/freepik)

MEMILIKI kosakata nan kaya terbukti dapat membantu perkembangan anak. Penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2022 di Early Education and Development menemukan anak-anak prasekolah yang memulai pendidikan dengan tingkat kosakata yang lebih tinggi dan inhibitory control, atau kontrol penghambatan yang lebih baik, lebih terlibat dengan guru dan teman sebaya.

Inhibitory control merupakan kemampuan untuk menekan reaksi awal dan memilih reaksi lain, misalnya lebih sering mengangkat tangan dan bukan langsung berteriak di kelas.

BACA JUGA:

Cegah Tantrum Sejak Dini, Performa Anak pun Meningkat

"Sebagai ahli patologi wicara-bahasa yang telah bekerja dengan anak-anak kecil, saya sering melihat siklus dalam tindakan: anak-anak yang tahu lebih banyak kata dan dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik cenderung lebih dapat memenuhi kebutuhan mereka," ujar ahli patologi wicara dan dosen di Harvard Graduate School of Education Rebecca Rolland, EdD dalam artikelnya di Psychology Today, Sabtu (20/8).

Kondisi tersebut membuat anak-anak itu merasa lebih baik tentang orang lain dan membuat orang lain merasa lebih baik tentang mereka.

Kata-kata jadi lebih bermakna

parenting
Mereka juga cenderung menerima lebih banyak umpan balik positif dari rekan-rekan. (freepik/freepik)

Mereka juga sering lebih bisa memperhatikan karena kata-kata di sekitar mereka lebih bermakna. "Sebaliknya, anak-anak yang tidak mampu memperhatikan dengan baik dan/atau tidak memiliki perbendaharaan kata yang kuat cenderung lebih berjuang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan," Rolland menambahkan.

Ketika frustasi, dia mencontohkan, mereka mungkin bertindak—dan ini dapat menyebabkan guru dan teman sekelas menghukum atau menghindari mereka. Dengan umpan balik seperti itu, mereka mungkin semakin terisolasi dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang mereka lewatkan.

Selama ini kita tidak selalu menganggap keterampilan kosa kata terkait dengan seberapa terlibatnya seorang anak di sekolah. Namun, penelitian yang menarik itu telah menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kosa kata yang lebih besar ketika mereka masuk sekolah lebih mungkin untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan guru. Mereka juga cenderung menerima lebih banyak umpan balik positif dari rekan-rekan.

"Ini masuk akal jika mengingat bahwa bahasa bersifat sosial, terutama di tahun-tahun awal. Kita sering berpikir tentang anak-anak yang menggunakan bahasa untuk melabeli sesuatu, tetapi begitu banyak bahasa yang berkaitan dengan menavigasi hubungan," ujarnya.

Jika kamu dapat memberi tahu teman, "Maaf," ketika melakukan sesuatu yang mungkin menyakitinya, atau bertanya, "Apakah Anda takut?" ketika seorang teman mulai menangis, kamu memiliki kunci yang kuat untuk menjalin hubungan sosial.

BACA JUGA:

Dampak Perceraian pada Anak di Tiap Kelompok Usia

Percakapan untuk membantu kosakata anak

parenting

Ada baiknya mempertimbangkan percakapan yang dapat membantu anak-anak membangun kosa kata. (freepik/freepik)

Dengan cara ini, kita dapat melihat pembicaraan dan interaksi anak-anak dengan lingkungan sebagai jalan dua arah. Seperti yang ditemukan oleh penulis studi tahun 2022, “Keterampilan anak-anak pada awal tahun membentuk proses pendekatan mereka terhadap guru, teman sebaya, dan tugas serta lingkungan kelas mereka merespons mereka.” Kosakata dan perhatian dapat membentuk perilaku dalam dua cara yang berbeda.

Para penulis penelitian tersebut menyarankan, kosakata lebih penting untuk memiliki keterlibatan positif dengan teman sekelas dan guru. 'Kontrol penghambatan', atau kemampuan untuk menghentikan diri dari impuls awal, mungkin lebih penting untuk terlibat secara mental dengan tugas dan memiliki lebih sedikit perilaku yang mengganggu.

Karena itulah, ada baiknya mempertimbangkan percakapan yang dapat membantu anak-anak membangun kosa kata mereka dan memperhatikan dengan baik. Ini dapat membantu untuk memulai dengan pertanyaan terbuka—misalnya, pertanyaan 'mengapa' dan 'bagaimana' yang memungkinkan anak-anak mengeluarkan lebih banyak kata dan membuat kalimat yang lebih kompleks.

Cara ini juga membantu anak kecil untuk mendiskusikan strategi yang bekerja dengan baik dan kurang baik untuk mereka perhatikan. Bahkan anak kecil pun dapat terlibat dalam proses rasa ingin tahu tentang perhatian mereka sendiri, dan belajar bagaimana membantu diri mereka sendiri.(aru)

BACA JUGA:

Anak Memberontak karena Ortu Terlalu Keras

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Membantu Anak dengan Gangguan Membaca
Fun
Cara Membantu Anak dengan Gangguan Membaca

mengetahui anak memiliki gangguan pemrosesan membaca, pasti memicu kekhawatiran

Tampil Feminin dengan Crop Top
Fashion
Tampil Feminin dengan Crop Top

Crop top yang merupakan atasan dengan konsep bagian perut terbuka.

Tabir surya Mengandung Benzena Ditarik dari Pasar
Fun
Tabir surya Mengandung Benzena Ditarik dari Pasar

FDA mengumumkan produk yang mengandung benzena.

Millennial Road Safety Festival Pekanbaru 2019 Pecahkan Rekor MURI
Fun
Millennial Road Safety Festival Pekanbaru 2019 Pecahkan Rekor MURI

Dihadiri oleh lebih dari 54 ribu milenial

iPhone 14 Pro Mungkin Hadirkan Kembali Indikator Persentase Baterai
Fun
iPhone 14 Pro Mungkin Hadirkan Kembali Indikator Persentase Baterai

iPhone 14 Pro akan diluncurkan pada acara Far Out Apple 2022.

BTS hingga Olivia Rodrigo di Red Carpet Grammy Awards 2022
ShowBiz
BTS hingga Olivia Rodrigo di Red Carpet Grammy Awards 2022

Grammy Awards 2022 digelar di MGM Grand Garden Arena.

'Virgo and The Sparklings' akan Diadaptasi Jadi Drama Korea
ShowBiz
'Virgo and The Sparklings' akan Diadaptasi Jadi Drama Korea

Komik Indonesia Virgo and The Sparklings akan diangkat jadi K-Drama.

AMI Award 2022 Umumkan Nominasi
ShowBiz
AMI Award 2022 Umumkan Nominasi

Sebanyak 4.156 lagu terdaftar pada gelaran AMI Awards 2022.

Jaga Kesehatan Kulit Kepala dengan Serum Rambut
Fun
Lawan Stigma, Voice of Baceport Rilis 'PMS'
ShowBiz
Lawan Stigma, Voice of Baceport Rilis 'PMS'

VOICE of Baceprot (VOB) kembali dengan single terbaru nan penuh powerful berjudul PMS.