KEK Tanjung Lesung Gencar Dipromosikan Pantai Tanjung Lesung (Foto: Instagram/Tanjung Lesung)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kabupaten Pandeglang gencar mempromosikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Salah satunya lewat Festival Pesona Tanjung Lesung.

"Kita terus menyosialisasikan dan memperkenalkan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, harapannya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas, termasuk wisatawan," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Jumat (13/10).

Sebagaimana dilansir Antara, Irna Narulita menyatakan pemkab sudah melakukan sosialisasi kepada wisatawan dan masyarakat melalui Festival Pesona Tanjung Lesung yang melibatkan masyarakat setempat dan cukup banyak disaksikan wisatawan.

Dalam festival itu disajikan berbagai kegiatan tradisional, diantaranya bebegig dan kokoleceran yang disajika oleh warga, dan ternyata wisatawan antusias untuk menyaksikannya.

Irna juga menyatakan, pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung memang belum teralisasi, namun karena sudah menjadi program nasional maka pasti diwujudkan.

"Kalau kita sosialisasikan dari sekarang, maka ketika KEK sudah dibangun, bisa langsung banyak wisatawan yang berkunjung," ujarnya.

Bupati juga menyatakan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung akan berdampak pada perekonomian daerah.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat, terutama yang dekat dengan kawasan mendukung pembangunan KEK Pariwisata Tanjung, Kecamatan Panimbang itu.

Tanjung Lesung masuk dalam rencana strategis pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata nasional, namun Pemkab Pandeglang tetap berperan dalam pembangunannya, sesuai kewenangan.

Dalam mengembangkan KEK Pariwisata yang pusatnya di lokasi wisata Pantai Tanjung Lesung itu dilakukan lintas sektoral, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Selama ini, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, selain Pantai Carita. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi objek tersebut.

“Pemerintah pusat kemudian menetapkan Tanjung Lesung sebagai lokasi Pembentukan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata. Pemerintah daerah sangat mendukung rencana itu," terang Irna Narulita.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disedikan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH