Kejutan dari Ukrania, Pelawak Kalahkan Presiden Petahana di Pilpres! Calon presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memperlihatkan kertas suaranya saat berdiri di depan media di tempat pemungutan suara dalam fase kedua pemilihan presiden di Kiev, Ukraine, Minggu (21/4/2019

MerahPutih.com - Ukraina memasuki peta politik baru, setelah survei di lapangan pada Pemilihan Presiden menunjukkan bahwa pelawak Volodymyr Zelenskiy, yang tak memiliki pengalaman politik apa pun, menang telak.

Dilansir dari media lokal Ukrania dari Antara, Senin (22/4), Komedian Zelenskiy yang tak banyak menawarkan kebijakan terperinci, disebut-sebut akan menjadi presiden berikutnya di Ukraina, negara yang sedang tercabik perang.

Dua hasil survei nasional menunjukkan pria 41 tahun itu menyabet 73 persen suara, sedangkan Presiden petahana Petro Poroshenko hanya mengumpulkan 25 persen. Data awal pemungutan suara terlihat bahwa survei-survei tersebut akurat.

Pemilu Ukrania
Pemilu Presiden di Ukrania. (ANT/Reuters)

Kemenangan Zelenskiy itu menjadi pukulan bagi Poroshenko, yang tengah berupaya merebut hati rakyat Ukraina dengan menggambarkan dirinya sebagai benteng melawan agresi Rusia serta sebagai pejuang jatidiri Ukraina.

Untuk diketahui, Zelenskiy dikenal karena memerankan tokoh presiden dalam sebuah film populer bersambung di televisi, Servant of the People. Komedian itu memerankan seorang guru yang secara tak terduga terpilih sebagai presiden setelah umpatan kasar tentang korupsi diposting secara online oleh murid-muridnya.

Dalam dunia nyata, Zelenskiy saat ini bersiap-siap mengambil alih kepemimpinan Ukraina pada saat negara-negara Barat menghadapi kebuntuan dengan Rusia soal pencaplokan Krimea dan dukungan atas pemberontakan pro-Rusia di Ukraina timur oleh Moskow.

Petro Poroshenko
Presiden Petahana Ukrania Petro Poroshenko yang kalah dalam Pemilu Presiden 2019 (ANT/Reuters)

Ketua Dewan Eropa Donald Trusk telah menyampaikan ucapan selamat kepada Zelenskiy. Ucapan selamat juga datang dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt.

Presiden Poroshenko mengakui kekalahannya kepada para pendukungnya, yang beberapa di antaranya menangis. Walaupun menyatakan menerima kekalahan, Poroshenko mengatakan tidak akan meninggalkan panggung politik. Petahana pun berjanji akan menjadi oposisi kuat selama pemerintahan Zelenskiy. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH