Kejutan Awal Bulan, Dua Jenis Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu Rafflesia Gadutensis (Foto: facebook KPPL)

MerahPutih.Com - Mengawali bulan Maret, warga Bengkulu mendapat hadiah dari alam. Hadiah itu dalam bentuk bunga yang menjadi kebanggaan warga Bengkulu. Apalagi kalau bukan Rafflesia.

Sebagaimana diungkapkan Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan bahwa ada dua jenis bunga Rafflesia yang mekar. Kedua jenis Rafflesia yakni Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gadutensis mekar di dua lokasi yang berbeda.

"Ada dua bunga yang sedang mekar sempurna dan jenisnya juga berbeda," kata Sofian Ramadhan di Bengkulu, Minggu (4/3).

Ia mengatakan satu bunga jenis Rafflesia Gadutensis mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais Kabupaten Bengkulu Utara.

Sedangkan satu bunga lainnya jenis Rafflesia Arnoldii mekar sempurna di kawasan hutan sekitar Desa Manau IX Kabupaten Kaur.

"Masing-masing habitat ini dipantau tim dari komunitas peduli puspa langka," ucapnya.

Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii di Bengkulu (Foto: kpppnbengkulu.net)

Kawasan hutan lindung Boven Lais merupakan rumah bagi jenis Rafflesia Gadutensis, Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Kemumu yang rutin dipantau anggota KPPL Bengkulu Utara.

Koordinator KPPL Bengkulu Utara, Riki Septian sebagaimana dilansir Antara mengatakan habitat bunga langka Rafflesia sp menjadikan hutan lindung Boven Lais tujuan ekowisata andalan di wilayah itu.

"Sejumlah turis dari Prancis sudah berkunjung menyaksikan keunikan bunga rafflesia," ucapnya.

Sementara habitat Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Bengkuluensis di Kabupaten Kaur rutin dipantau oleh Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Kaur.

Anggota komunitas menyediakan pemandu dan telah membuat rute ekowisata di kawasan hutan Bukit Barisan tersebut.

"Hari ini kami temukan satu Rafflesia Arnoldii mekar sempurna dan bisa dinikmati hingga tiga sampai empat hari ke depan," kata Koordinator KPPGPPL Kaur, Andri Yan.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH