Kejurnas Catur Gajah ke-13 Resmi Dibuka Pembukaan kejuaraan Xiang Qi (catur gajah). Foto: Istimewa

Merahputih Olahraga - Plh. Deputi Industri Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Thobias Tobulau didampingi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan KONI Pusat Ekawahyu Kasih, Jumat [21/08] malam membuka Kejuaraan Nasional ke-XIII Xiang Qi [Catur Gajah] yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Xiang Qi Indonesia [PB PEXI] di Ballroom Hotel Amaris, Season City, Jakarta.

Pada sambutan di hadapan ratusan peserta kejuaraan, Thobias yang membacakan Sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang tiba-tiba berhalangan hadir, menyampaikan bahwa hakekat pembangunan manusia Indonesia yang melalui olahraga sebagaimana diungkapkan oleh Bung Karno adalah membangun manusia dan masyarakat baru ke dalam kerangka Nation and Character Building kemudian Presiden Soeharto mencanangkan panji olahraga yang dikenal "memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat" dengan harapan membentuk manusia Indonesia yang sehat dan bugar, baik jasmani, rohani, sosial dan berwawasan nasional yang mencerminkan manusia Indonesia seutuhnya.

Dalam penyelenggaraan event berskala internasional yaitu "The 6th Tafisa World Sport for All Games 2016" di Jakarta, Menpora berpesan kepada Pengurus Besar Xiang Indonesia untuk menyatukan tekad yang bulat dalam rangka mendukung event akbar tingkat dunia tersebut.

Ekawahyu, dalam sambutannya mewakili KONI Pusat berharap kegiatan Kejuaraan Nasional Xiang Qi ini yang merupakan salah satu kalendar rutin ini dapat terus melahirkan para atlet Xiang Qi yang berprestasi yang dapat mengangkat harkat martabat bangsa selain dapat bermanfaat untuk membina kebersamaan dan solidaritas diantara peserta.

"Kedepannya, kami berharap PB PEXI juga dapat menjadi anggota KONI, dan KONI Pusat akan membantu serta memfasilitasi hal-hal maupun kondisi yang diperlukan untuk dapat terwujudnya PEXI menjadi anggota tetap KONI," ujarnya.

Pembukaan kejuaraan ini diikuti oleh ratusan peserta dari 15 Provinsi dari seluruh Indonesia, juga dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, diantaranya anggota DPD RI, anggota DPR RI Tellie Gozelie dan Rudianto Tjen, dewan pelindung PB PEXI Brigjen TNI Purn. Tedy Jusuf, dewan penasihat PB PEXI Anda Hakim, asisten walikota Jakarta Barat HM Andi, dan wakil ketua Umum PSMTI Gunadi Sindhuwinata.

Anton Gozelie, selaku ketua umum PB PEXI mengatakan event ini rutin digelar, tahun ini penyelenggaranya adalah Pengurus Besar (pusat) dilangsungkan di Jakarta, dan spesial, karena dibuka langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan KONI Pusat.

PB PEXI juga mengirimkan dua orang wakilnya untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Xiang Qi di Munich, Jerman, yaitu Iwan Setiawan dan Cui Hang.

"Alangkah menariknya ketika sebuah cabang olahraga yang notabene kurang populer bisa dilaksanakan sampai tingkat internasional, dan akan sama artinya ketika Indonesia mengirimkan atlet hockey misalnya, atau sama hebatnya ketika satu waktu kita mengirim atlet juara karate mengalahkan Jepang, atau suatu hari seperti atlet bulutangkis mengalahkan Inggris, dan atlet Xiang Qi kita ini telah pernah berhasil, berprestasi dan menjadi juara dunia," ujar Anton.

Iwan Setiawan adalah mantan juara dunia Xiang Qi yang akan mencoba mempertahankan prestasinya di tingkat internasional, begitupula Cui Hang yang akan membawa nama Indonesia di tingkat Internasional dengan target peringkat terbaik.

Anton juga mengatakan akan berjuang agar Xiang Qi dapat menjadi anggota KONI, dan mengucapkan selamat bertanding untuk para peserta dengan penuh semangat dan menampilkan kemampuannya serta menjunjung tinggi asas sportifitas dan fairplay dalam setiap babak pertandingan yang dilangsungkan selama empat hari.

Acara pembukaan secara resmi dibuka dengan pemukulan gong dilanjutkan seremonial langkah pertama Xiang Qi oleh Thobias dan Ekawahyu yang disaksikan oleh para hadirin dan tamu undangan. (rilis)

BACA JUGA:

Tanding Catur Online 2015

Prabowo Sangat Mengapresiasi Tim Catur Pelajar Indonesia

 


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH