Kejuaraan Nasional Xiangqi ke XVI Resmi Digelar Pembukaan Kejurnas oleh Asdep Olahraga Prestasi Deputy IV Kemenpora H Ahmad Arsani dan Ketua Umum PEXI Anton Gozelie dengan langkah pertama buah catur (Humas PB PEXI)

Merahputih.com - Kejuaraan Nasional Xiangqi ke XVI di Hotel Amaris Pluit, Jakarta Utara resmi dibuka pada Rabu (5/12) malam oleh Asdep Olahraga Prestasi Deputy IV Kemenpora H Ahmad Arsani dan Ketua Umum PEXI Anton Gozelie. Kejurnas digelar dari 5 hingga 9 Desember oleh Pengurus Besar Persatuan Xiangqi Indonesia (PB PEXI).

Hadir dan menyaksikan prosesi pembukaan tersebut perwakilan Kadispora DKI Jakarta Heru Haryanto, Anggota DPD Tellie Gozelie, Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto serta jajaran pengurus PEXI pusat dan daerah.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pemindahan bidak Xiangqi oleh Asdep Olahraga Prestasi Deputy IV Kemenpora H Ahmad Arsani dan Ketua Umum PEXI Anton Gozelie.

Ketum PB Pexi
Ketum PB PEXI, Anton Gozelie (Humas PB PEXI)

Anton Gozelie dalam kata sambutannya mengatakan melalui Kejurnas Xiangqi ini bisa membawa nama bangsa Indonesia. Anton mengungkapkan atlet Xiangqi Indonesia pernah berprestasi dengan menyabet gelar juara dunia.

“Di Tiongkok kita sudah diakui bahwa kita memiliki pemain Xiangqi yang hebat dan kita sekarang mengumpulkan pemain-pemain muda untuk bisa berprestasi dalam kacah kejuaraan Xiangqi,” ujar Anton.

Anton menambahkan, dalam Asian Games di Hangzhou Tiongkok yang akan datang, PEXI menargetkan bisa mengirim atletnya ke ajang kejuaraan bergengsi tersebut.

peserta kejurnas Catur Gajah
Perwakilan berbagai Pengprov mengikuti Kejurnas Xiangqi ke XVI (Humas PEXI)

Dia mengatakan, olahraga Xiangqi di Indonesia sudah menjadi milik bersama, bukan hanya milik etnis Tionghoa saja. “Xiangqi tidak membedakan suku maupun ras, xiangqi milik kita semua, milik bangsa Indonesia, mari kita bangun xiangqi dengan semangat gotong royong," ucapnya.


Sementara itu Asdep Olahraga Prestasi Deputy IV Kemenpora H Ahmad Arsani dan perwakilan Kadispora DKI Jakarta Heru Haryanto mengapresiasi penyelenggaraan Kejurnas Xiangqi ini. Menurut mereka olahraga xiangqi ini bisa semakin maju dan terus digalakkan dan bisa memasyarakat.

Sekjen
Sekjen PB PEXI, Kelvin Siauw (Humas PB PEXI)

Kejurnas ke-XVI Tahun 2018 di Jakarta tersebut diikuti oleh perwakilan Pengprov diantaranya Pengprov Aceh, Bangka Belitung, Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

Menurut Kelvin Siauw selaku ketua panitia penyelenggara, mengatakan, jumlah peserta dan official lebih kurang sekitar 160 orang, dengan kategori pertandingan Senior perorangan dan beregu, Kelompok Umur, Junior dan Putri. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH