Kejuaraan Dunia Silat akan Digelar di Bali

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 16 November 2016
Kejuaraan Dunia Silat akan Digelar di Bali
Gerakan Pencak Silat Beksi Marhali. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Olahraga - PB IPSI (Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia mengharapkan setidaknya 40 negara peserta tampil dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016. Event ini akan digelar di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali, 3-8 Desember.

"Kami telah mengirim undangan kepada 45 perwakilan pencak silat di seluruh dunia. Dari jumlah itu, 32 negara telah konfirmasi akan hadir," kata Ketua Panita Pelaksana Kejuaraan ini, Edhy Prabowo di Jakarta, Selasa (15/11).

Menurut Edhy, dua negara Asia Tenggara yang belum konfirmasi adalah Myanmar dan Laos. Namun, sejumlah negara Eropa barat seperti Belanda, Prancis, Spanyol, dan Jerman telah konfirmasi. Iran juga menyatakan akan hadir.

Mantan pesilat yang anggota DPR RI Fraksi Gerindra itu yakin sebanyak 1.700 atlet dari 40 negara akan hadir dalam kejuaraan sekaligus Festival Pencak Silat Internasional itu.

Sementara Sekretaris Umum PB IPSI, Erizal Chaniago, memastikan sebanyak 39 atlet pencak silat nasional akan mengikuti perhelatan ini. Indonesia punya dua tujuan. Pertama, pencak silat harus mendunia. Semakin banyak atlet-atlet pencak silat dunia yang hebat, maka pencak silat juga semakin berkembang.

Kedua, pencapaian prestasi Indonesia dalam kejuaraan dunia itu. Targetnya adalah meraih gelar juara umum.

Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 itu akan menggelar nomor festival selain nomor pertandingan, nomor seni yang terdiri dari tunggal, ganda, dan beregu.

Pada nomor festival, para peserta akan menampilkan permainan pencak silat yang diiringi musik. Para peserta juga dipersilakan memakai busana negara masing-masing, termasuk senjata.

Selain Kejuaraan DuniaPB IPSI juga akan menggelar Musyawarah Nasional 2016 di Denpasar, Bali, 3-6 Desember. (diy)

#Pencak Silat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan