Kejayaan Timnas Swedia Piala Dunia 1958, Memori Kekuatan Mental Sang Viking Tmnas Swedia di Piala Dunia 1958. (Sumber: fifa.com)

SEBAGIAN pengamat sepak bola menilai keikutsertaan timnas Swedia di ajang Piala Dunia 2018 patut diperhatikan. Tim berjuluk Blagult datang ke Rusia sebagai kuda hitam.

Pemain bintang seperti Emil Forsberg, Andreas Granqvist, dan Sebastian Larsson, bertekad untuk memberikan kejutan di Piala Dunia kali ini.

Piala Dunia 1958 Swedia. (Sumber: bola.net)

Pada pertandingan pertama melawan Korea Selatan, 'Prajurit Viking' berhasil mengalahkan skuat Negeri Ginseng dengan skor tipis, 1-0. Gol semata wayang Swedia diciptakan sang kapten, Andreas Granqvist melalui titik penalti pada menit ke-65.

Hasil tersebut, bagi anak asuhan Janne Andersson bukan kemenangan biasa. Kemenangan pertama Swedia pada laga perdana dulu pernah terjadi pada Piala Dunia 1958. Ketika itu, Swedia berhasil membantai timnas Meksiko dengan skor 3-0.

Tak disangka, kemenangan itu ternyata membawa Blagult lolos ke babak selanjutnya. Kemudian pada babak delapan besar, Swedia bertemu Uni Soviet, dan menang 2-0.

Piala Dunia 1958. (Sumber: dreamteamfc.com)

Melaju ke babak semifinal tak membuat Swedia gentar, justru semakin percaya diri. Hal tersebut dibuktikan ketika mereka berhasil melumat Jerman Barat dengan skor 3-1.

Sayangnya, ketika di babak final bertemu Brasil, Agne Simonsson dkk gagal meraih trofi tersebut. Swedia kalah 5-2 atas Brasil, di mana dua gol tim Samba ditorehkan oleh sang legenda hidup, Pele. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH