Kejar tengat Waktu, Melupakan Kesehatan Tengat waktu dapat membuh sel-sel otak. (Foto: freepik)

DIKEJAR tengat waktu seolah menjadi momok bagi semua pekerja. Demi memenuhi target pekerjaannya seseorang terkadang melupakan berbagai hal, yang terpenting tengat waktunya terpenuhi.

Apakah ada hal yang buruk mengejar tengat waktu? Kalau secara profesional tentunya sama sekali tidak, sebab memberikan dampak positif bagi karier. Bagaimana dengan kesehatan? Ternyata menurut laman psychologytoday.com, kebiasaan mengejar tengat waktu pekerjaan itu, buruk bagi otak, kesehatan dan pada pekerjaan itu sendiri.

Celakanya saat ini semua orang seolah dikejar-kejar oleh tengat waktu yang tidak ada habisnya. Apalagi teknologi digital memungkinkan pekerjaan menjadi terselesaikan dengan cepat. Alhasil tuntutan menjadi semakin tinggi. Celakanya tengat waktu saat ini seperti narkoba yang membuat kecanduan.

Yang dapat diakibatkan terus-menerus dikejar tengat waktu adalah tingginya tingkat stres seseorang. Jika sudah demikian sel-sel otak akan ikut terbunuh pula. Kemudian menurunkan kreativitas seseorang bahkan melemahkan kesehatan secara perlahan.

Anda harus mewaspadai bila sudah mengalami sakit kepala yang berkepanjangan dan gangguan pencernaan. Kemudian emosi dan hormon stres akan lebih kerap muncul ke permukaan.

tentunya ada masalah adapula solusinya. Jadi sebaiknya Anda yang kecanduan mengejar tengat waktu sebaiknya menyelesaikan tugas sebelum mendekati waktu yang disepakati. Ubahlah kebiasaan bekerja mendekati tengat waktu. Selesaikan dengan pasti di awal waktu.

Jangan lupa pula untuk melakukan senam pernafasan dengan menghirup nafas perlahan dan membuangnya juga perlahan. Coba untuk membuat badan rileks dengan mendengarkan lagu atau musik-musik yang lembut. Melakukan ibadah merupakan salah satu cara terbaik membuang kecanduan tengat waktu.

Anda harus ingat kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Kuasa. Manusia tidak ada yang sempurna. Sekeras apapun Anda mengejar kesempurnaan masih ada yang jauh lebih sempurna lagi. Jadi yang terbaik adalah mengerjakan pekerjaan sesuai prosedur yang sudah disepakati. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo