Kejar Target, Pengerjaan Proyek Bandara Internasional Jawa Barat Sudah 66,5 Persen

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 09 November 2017
Kejar Target, Pengerjaan Proyek Bandara Internasional Jawa Barat Sudah 66,5 Persen
Proses pengerjaan Bandara Internasional Jabar. (Istimewa)

MerahPutih.com - Pekerjaan proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, hingga akhir bulan Oktober, sudah mencapai 66,5 persen.

"Progress-nya cukup menggembirakan. Sampai dengan Senin (30/10) pekerjaannya sudah mencapai 66,5 persen," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Rabu (8/11).

Bandara yang dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektare rencananya akan dilakukan soft launching pada awal April 2018 mendatang. Untuk mencapai target tersebut, proyek yang menelan anggaran sebesar Rp 2,6 triliun itu pengerjaan dilakukan siang dan malam.

"Kami kerjakan 24 jam. Dikebut untuk pembangunannya, karena soft launching ini kita ingin bisa laksanakan 1 April 2018 mendatang," kata Virda.

Bandara yang akan dilengkapi kawasan aerocity, dalam pengerjaan konstruksi tersebut dibagi dalam tiga paket oleh tiga kontraktor. Mereka mengerjakan untuk sisi darat.

Paket satu meliputi pembangunan infrastruktur yang dikerjakan PT Adhi Karya Tbk dengan capaian 97,74 persen.

"Lingkup pekerjaan infrastruktur ini yakni, jalan, drainase, lansekap parkir dan ramp simpang susun," kata Virda.

Area ramp simpang susun ini pengerjaannya sudah mencapai 100 persen. Sisa pengerjaan paket satu akan rampung akhir November ini.

Paket dua meliputi pembangunan gedung terminal penumpang yang dikerjakan PT Wijaya Karya (Wika) dan PT Pembangunan Perumahan capaian pekerjaannya sudah mencapai 52,59 persen.

"Ditahap dua ini lingkup yang dikerjakan pengembang yakni berupa interior, atap utama, eletrikal and plumbing, atap boarding lounge, bird eye view dan arsitektur kom ACP," ujar Virda. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ratusan Orang Geruduk Bank Mandiri Cirebon

#Bandara Internasional Jabar
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan