Kejar Sandy Walsh, PSSI Enggan Terburu-buru Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh (Foto: Screenshot youtube)

MerahPutih.Com - Sosok Sandy Walsh tengah menjadi perbincangan hangat para penggemar sepak bola Tanah Air. Pemain kelahiran Brussels, Begila 22 tahun silam itu disebut-sebut berpeluang membela Timnas Merah Putih.

Sandy Walsh saat ini bermain di Liga Utama Belgia dari S.V. Zulte Waregem. Sebagaimana diketahui, Sandy Walsh memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek. Maka tak heran, para pendukung Timnas Indonesia meminta PSSI untuk mendekati Sandy melalui proses naturalisasi.

Atas desakan penggila bola Tanah Air, PSSI tidak mau terburu-buru. Namun dalam waktu dekat ini, PSSI melakukan konfirmasi untuk memastikan beberapa hal sebelum menaturalisasi pesepak bola yang bermain untuk S.V. Zulte Waregem di Liga Utama Belgia Sandy Walsh.

Salah satu yang dikonfirmasi adalah kemungkinan Sandy tetap bermain di Eropa dan seberapa besar potensinya bisa memperkuat Indonesia di kejuaraan yang tidak ada di kalender FIFA seperti Asian Games 2018.

"Jangan sampai nanti setelah dinaturalisasi dia tidak bisa bermain. Kami akan menyelesaikan perihal ini dalam satu atau dua minggu ke depan," Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Kamis (12/10).

Joko Driyono sebagaimana dilansir Antara melanjutkan, naturalisasi baru akan diajukan ke pemerintah jika semua persoalan beres.

"Sampai saat ini kami sudah berkomunikasi dengan pihak Sandy Walsh," tutur dia.

Sandy Walsh sendiri saat ini berstatus sebagai warga negara Belanda. Pria yang lahir di Brussels, Belgia, 22 tahun ini sudah pernah memperkuat tim nasional junior Belanda berbagai kelompok usia.

Sebelum bermain di S.V. Zulte Waregem, Sandy berkiprah untuk salah satu klub besar Belgia KRC Genk. Dan untuk timnas Belgia, Indonesia menyumbang salah satu pemain keturunan yakni Radja Naingolan. Radja berdarah Batak kini menjadi pemain inti timnas Belgia.

Nama Sandy Walsh terdaftar untuk bermain di Liga Eropa musim 2017/2018. Namun, pemain yang berposisi bek ini belum mencatatkan penampilan di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH