Kejanggalan Gugatan Kivlan Zen Tersangka kasus dugaan makar dan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Kubu Menkopolhukam Wiranto angkat bicara soal adanya tudingan dari Mayjen Kivlan Zen terkait pembentukan Pam Swakarsa.

Kivlan melayangkan gugatan kepada Wiranto terkait pembentukan Pam Swakarsa ke PN Jaktim pada 5 Agustus. Gugatan itu terdaftar di PN Jakarta Timur dengan nomor 354.Pdt G/2019/PN.Jkt.Tim.

Pengacara Wiranto, Adi Warman menyebut kejanggalan itu adalah gugatan yang ditandatangani langsung oleh yang Kivaln, yang sedang ada di dalam tahanan,

Baca Juga: Digugat Kivlan Zen soal PAM Swakarsa, Begini Reaksi Wiranto

Adi menyebut Kivlan selaku penggugat seharusnya hadir langsung dalam persidangan serta memberikan surat kuasa kepada pengacaranya. Namun, Kivlan tidak hadir dan hanya diwakili pengacaranya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Adi juga mempertanyakan alasan PN Jaktim menerima gugatan Kivlan Zen. Padahal, menurut Adi gugatan Kivlan ini seharusnya ada di pengadilan militer.

"Kedua akan mempertanyakan kewenangan, karena dari kita lihat daripada gugatan itu, itu tidak pada kewenangan pengadilan negeri, yang mana kewenangan itu adalah kewenangan Pengadilan Militer, sebagaimana diatur dalam pasal 133 dan 134 HIR," kata Adi kepada wartawan di PN Jakarta Timur, Kamis (15/8).

kuasa hukum wiranto
Pengacara Wiranto, Adi Warman (MP/Kanugraha)

Adi juga melihat gugatan yang diajukan Kivlan itu tidak ada kejelasan nyata antara gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) dengan gugatan wan prestasi.

"Gugatan di dalamnya ada urusan praperadilan soal yang bersangkutan ditahan saat ini. Jadi itu benar-benar rancu dan lain sebagainya," katanya.

Baca Juga: Digugat Kivlan Zen, Wiranto: Enggak Usah Ditanggapi

Wiranto menurutnya akan mengajukan nota keberatan.

"Jadi kompetensi absolut tentunya dalam eksepsi akan kami ajukan. Di samping itu, di dalam eksepsi kami juga akan mengajukan eksepsi error in persona, akan melakukan eksepsi yang namanya obsure libel," kata Adi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH