Kejahatan Seksual Jadi Ancaman yang Serius Aksi Solidaritas solidaritas kasus kejahatan Seksual yang menimpa YY dengan mengumpulkan tandatangan bagi para pesarta yang hadir pada Car Free Day, Minggu, (8/5). (Foto: MerahPutih/John Abi)

MerahPutih Nasional - Aksi Solidaritas masyarakat Jakarta untuk YN menyuarakan keprihatinan atas kasus siswi berusia 14 tahun yang diperkosa dan di bunuh oleh 14 tersangka remaja Sekolah Menengah Umum di Bengkulu. Acara ini digelar secara serentak di 14 kota di Indonesia.

Kordintaor Aksi Raja Juli Antoni menegaskan dirinya akan terus mendesak pemerintah agar terus memperkuat pendidikan pada kurikulum sekolah, tujuannya agar kejadian seperti tidak terulang lagi.

http://server4.merahpoetih.com/gallery/public/2016/05/08/45GmPuiSI81462698396.jpg

"Peristiwa kekerasan yang terjadi pada kasus YN beberapa waktu lalu membuat tamparan dahsyat bagi bangsa. Tentu saja ini menjadi ancaman serius bagi para perempuan di Indonesia yang bisa jadi adalah anak perempuan kita, teman, kakak, bibi, atau tetangga," ujar Toni saat ditemui di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (8/5).

Toni menambahkan dirinya merasa perihatin bagi para tersangka yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah dengan tega melakukan tindakan seperti itu. Ia mengkritik mengenai pendidikan moral di sekolah sudah semakin memudar dan pendidikan moral semakin melemah.

"Sekarang, anak sekolah lebih banyak disuruh menghafal rumus, tapi internalisasi nilai moral kurang. Jadi ada masalah di sini, yang mana pendidikan gagal membebaskan masyarakat dari kekerasan," tegasnya dengan nada lantang.

Seperti diketahui, rencananya, spanduk yang berisi hasil tanda tangan warga Jakarta sudah terkumpul maka akan diserahkan ke Bengkulu dan ini bentuk penegasan bahwa kekerasan seksual menjadi salah satu ancaman bangsa saat ini.

http://server1.merahpoetih.com/gallery/public/2016/05/08/pnIHxVEzSr1462698396.jpg

Kota-kota tersebut adalah Jakarta (Bundaran Hotel Indonesia), Bandung (CFD Dago), Balikpapan (Lapangan Merdeka), Bengkulu (Pantai Panjang Bengkulu), Gorontalo (Gelanggang Remaja), Palembang (CFD Kambang Iwak Park City), Padang (Tugu Perdamaian Pantai Padang).

Kegiatan ini juga digelar di Palangkaraya (CFD Bundaran Besar), Purwakarta (Situ Buleud), Kendari (Lapangan MTQ), Kupang (Lapangan Bola Kecamatan Kupang Barat), Kuningan (Jalan Siliwangi), Makassar (CFD Sudirman), Mamuju (Anjungan Pantai Manakara). (Abi)

BACA JUGA:

  1. Wujud Keprihatinan Yn, Wong Solo Kumpulkan Tanda Tangan di CFD
  2. Luhut Panjaitan Bandingkan Yn dengan Cucunya
  3. Netizen Tunjukan Solidaritas Atas Kasus YN Lewat #OneHeartForYuyun
  4. Presiden Jokowi Ingin Pemerkosa Yn Dihukum Berat
  5. Aksi Solidaritas Kaum LGBT Terhadap Kasus Yn


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH