Keinginan Anies Gelar Formula E di Jakarta Terwujud

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 16 Oktober 2021
Keinginan Anies Gelar Formula E di Jakarta Terwujud
Formula E. Foto: Instagram/fiaformulae

MerahPutih.com - Berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10), Jakarta dipastikan menjadi tuan rumah seri kesembilan balap mobil listrik Formula E pada tahun 2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Baca Juga

Tanggapi Ancaman PDIP, Wakil Anies Pastikan 2021 Tak Ada Anggaran Formula E

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," ucap Longo dalam video yang diunggah Sabtu (16/10)

Longo pun mengutip pesan penting yang disampaikan Gubernur Anies Baswedan terkait balapan Formula E yang sejalan dengan program Jakarta Langit Biru dalam mewujudkan udara yang bersih.

Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E tahun 2022, berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10) waktu setempat. ANTARA/HO JakPro
Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E tahun 2022, berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10) waktu setempat. ANTARA/HO JakPro

Anies berpesan bahwa Pemprov DKI Jakarta berupaya menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik sebagai bagian dari beberapa langkah yang akan ditempuh.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," kata Longo.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul.

Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.

Dengan kepastian ini, keinginan Anies menggelar hajatan besar di jalanan ibu kota akhirnya terwujud. Pasalnya sejak 2019, Anies sudah menginformasikan bahwa Jakarta akan menggelar ajang Formula E dengan biaya yang fantastis.

Namun, pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pada Maret tahun lalu membuat Formula E yang rencananya digeber di Monumen Nasional (Monas) harus tertunda hingga 2021. (*)

Baca Juga

PDIP Janji Pelototi RAPBD-P DKI 2021 untuk Coret Anggaran Formula E

#Formula E #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan