Keindahan Rambut Mencerminkan Kondisi Kesehatanmu Rambut yang indah bukan hanya menandakan kamu cantik, tapi kamu juga sehat (Foto: Pexels/Erianderson de Chaves)

MEMILIKI rambut yang indah bukan sekadar mencerminkan betapa cantiknya kamu. Namun, keindahan rambut yang kamu miliki juga mencerminkan seperti apa kondisi kesehatan kamu. Kalau rambut kamu agak kusut dan agak keriting (bukan keriting alami) bisa jadi kamu enggak sehat. Rambut yang indah berarti lembut, enggak rontok, dan enggak mudah patah.

Mengutip Bustle, Adina Mahalli, seorang ahli perawatan rambut dan kulit dari Maple Holistics, mengatakan folikel rambut diatur oleh hormon tiroid. Jika kadar tiroid rendah maka akan menyebabkan folikel rambut berhenti regenerasi. Itulah yang menyebabkan rambut kamu terlihat kusut.

cewek
Peliharalah rambut dengan baik. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

"Ini dapat menyebabkan peningkatan rambut rontok atau daerah tambalan di kulit kepala," kata Mahalli. Dalam beberapa kasus, kekurangan hormon tiroid juga dapat menyebabkan rambut menjadi kasar. Apalagi rendahnya kadar tiroid dapat membuat rambut kamu menjadi tipis dan terasa kasar

Selain itu, kondisi kesehatan kamu juga selalu bergantung dengan asupan harian kamu. Rambut yang kering dan rusak bisa menandakan tubuh kamu kekurangan makanan bergizi. Misalnya seperti aneka sayuran dan buah-buahan.

Rambut yang enggak sehat mudah patah dan rontok (Foto: Pexels/Element5 Digital)

Baca juga:

Kebiasaan Sepele Ini Membuat Rambut Rusak Saat Cuaca Dingin

Oleh karena itu, cobalah perbanyak mengonsumsi sayuran beserta buah-buahan mulai sekarang ini. Jangan lupa juga mengonsumsi makanan berprotein tinggi yang terdapat pada daging hewan. Kandungan protein dapat membuat rambut kamu kuat.

Lalu, bagaimana cara membuktikan apakah rambut kamu sehat atau enggak? Lauren Fink, penata rambut di Pechanga Resort Casino memberikan sebuah cara mudah untuk membuktikan hal itu.

Kata Fink, cobalah isi sebuah wadah berupa baskom dengan air dingin. Kemudian masukkan rambut kamu ke dalam wadah itu. Lalu lihat apakah rambut kamu akan tenggelam di dasar baskom atau justru malah mengapung. "Lihat apakah rambut Anda melayang atau tenggelam (di wadah itu)," kata Fink.

cewek
Banyak cara mengetahui rambut sehat. (Foto: Pexels/Nguyen Xuan Trung)

Menurut Fink, jika rambut kamu mengapung tandanya rambut kamu terhidasi. Yang artinya rambut kamu dalam keadaan sehat begitu pula tubuh kamu. Tapi jika tenggelam, tandanya rambut kamu tengah rapuh dan mengalami kerusakan.

Selain itu, ada cara lain kata Fink. Misalnya jika ada sedikit gelombang pada rambut kamu padahal tipe rambut kamu enggak keriting. Jika diluruskan menggunakan catokan tapi masih tetap bergelombang. Ada kemungkinan rambut kamu enggak sehat. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH