Kehilangan Konsentrasi? Begini Cara mengembalikannya Tetap terkonsentrasi meskipun berpuasa. (Foto: Pixabay/Kaboompics)

DI siang hari pada bulan puasa jalannya waktu terasa lama. Kemudian energi di dalam tubuh lamat laun akan berkurang karena terpakai untuk beraktivitas. Lalu tubuh kamu akan sedikit melemah, disertasi dengan konsentrasi yang juga melemah.

Bisa jadi kalau konsentrasi kamu hilang, akan membuat pekerjaan menjadi tidak sempurna. Jangan sampai konsentrasimu hilang! Inilah tips untuk kamu agar bisa terkonsentrasi saat puasa.


1. Kebutuhan cairan

air
Pemnuhi Kebutuhan cairan di saat sahur. (Foto: Pexels/Pixabay)


Jangan sampai kamu kekurangan cairan, makanya sewaktu sahur cukupi kebutuhan ini. Dehidrasi akan membuat kamu kehilangan konsentrasi. Minumlah air yang cukup minimal satu atau dua gelas sebelum atau setelah sahur. Cukupnya kadar cairan dalam tubuh kamu akan memberikan konsentrasi lebih.


2. Tidur teratur

tidur
Kebutuhan tidur harus dijaga selama istirahat malam. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Kurangnya konsentrasi bisa juga disebabkan oleh kurangnya tidur. Kurang tidur bisa memicu hormon yang membuat stres. Jika kamu tidak ada hal yang dilakukan pada malam hari, luangkan waktumu untuk memperbaiki tidur. Selain kamu bisa bangun sahur lebih segar dan memebantu lebih konsentrasi pada siang hari.


3. Mandi bikin segar

mandi
Mandi dua kali sehari membantu membuat tubuh segar. (Foto: showerhacks)

Jika kamu sedang dalam weekend yang panjang, biasanya orang akan malas sekali untuk mandi. Jangan sepelekan tidak mandi! Karena tidak mandi ternyata dapat membuat seseorang kehilangan konsentrasi. Mandi secara teratur bisa merenggangkan otot kamu. Apalagi mandi dengan air hangat, bisa membuatmu lebih rileks.

4. Shalat

shalat
Shalat membantu untuk tetap konsentrasi. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Selain menambah pahala dan amalan pada bulan Ramadan ini, melakukan shalat bisa membuat konsentrasi lebih terjaga. Bisa membuat lebih fresh untuk mengerjakan pekerjaan saat kamu berpuasa. (riq)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH