Kehebohan Kicauan Warganet dan Somasi Es Teh Indonesia Es Teh Indonesia. (Estehindonesia.com).

MerahPutih.com - Media sosial riuh dengan somasi yang dilayangkan perusahaan minuman Es Teh Indonesia kepada salah satu pelanggannya, pemilik akun twitter @Gandhoyy.

Perusahaan tersebut melayangkan somasi karena warganet tersebut mengkritik salah satu produk Es Teh Indonesia yang dinilai terlalu manis, tidak sesuai dengan fakta.

Baca Juga:

Berjalan Dua Menit Setelah Makan Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Akun @Gandhoyy menyebutkan minuman itu bisa menyebabkan diabetes. Bahkan mengkritik produk yang dicobanya untuk pertama kali, tersebut dengan kata yang dinilai bernada kasar dan memakai pilihan kata kotoran.

Kicauan @Gandhoyy kemudian viral dan sampai ke manajemen Esteh Indonesia yang kemudian membalasnya dengan menyebutkan, kicauan tersebut sudah diterima oleh tim legal pihaknya. Kicauan awal @Gandhoyy dan balasan awal Es Teh Indonesia sudah terhapus.

Pada 25 September 2022, @Gandhoyy pun membuat thread yang menyebutkan ia mendapatkan surat somasi dari Es Teh Indonesia. Ia mengunggahnya di akun twitternya dan kembali mendapatkan perhatian netizen luas.

"Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun twitter @gandhoyy yang pada berberapa hari lau saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. ES Teh Indonesia Makmur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian...," tulisnya.

Dalam surat yang diunggahnya tertulis bahwa Es Teh Indonesia menilai bahwa pernyataan rasa manis yang dinyatakan @Gandhoyy bersifat subjektif.

"Kami telah memberikan opsi lain sesuai kebutuhan dari konsumen (hak untuk memiih). Sehingga kurang pantas menyatakan bahwa produk Chizu Red Velvet ("Minuman") seperti gula seberat 3 Kg," tulis perusahaan itu.

Es Teh Indonesia menilai bahwa pernyataan @Gandhoyy menyebabkan informasi keliru dan menyesatkan kepada publik.

"Kami menganggap pernyataan tersebut dapat menyebabkan pemberian informasi keliru dan/atau menyesatkan kepada konsumen/publik," tulis perusahaan itu.

Es Teh Indonesia juga keberatan atas penggunaan kata hewan dalam kicauan @Gandhoyy.

"Bahwa adanya kata-kata "hewan" dan kata yang kurang baik lainnya ditujukan kepada Kami selaku pemilik merek dan pencipta produk Minuman tersebut. Sehingga Kami merasa terhina/pencemaran nama baik atas pernyataan yang telah saudara berikan yang dapat melukai hati keluarga besar Es Teh Indonesia," tulis perusahaan itu.

Es Teh Indonesia meminta @Gandhoyy untuk menghapus kicauan dan melakukan klarifikasi atas pertanyaannya 2x24 jam sejak 24 September 2022.

Akhirnya @Gandhoyy menyatakan permohonan maafnya karena membuat kicauan hingga ramai diperbincangkan publik.

"Sehingga di sini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. ES Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu 'Chizu Red Velvet' yang saya beropini dan juga," tulisnya

"Sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru, kandungannya, dan nama perusahaan. Sekali lagi saya memohon maaf terhadap twit yang saya buat atas pencemaran nama baik PT. ES Teh Indonesia Makmur. Terima kasih," tulis akun @Gandhoyy.

Kicauan permintaan maaf @Gandhoyy menuai pro dan kontra kepada netizen. Ada yang menyayangkan perusahaan Es Teh Indonesia yang latah mengirimkan somasi kepada pelanggan mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan panduan konsumsi gula, garam, dan lemak yang tepat agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit kronis.

Untuk gula yang merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Untuk mencapai kesehatan tubuh yang maksimal, asupan gula yang diperbolehkan hanyalah 5 persen dari kebutuhan kalori harian.

Acuanya rinciannya, untuk dewasa tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari, anak-anak 7–10 tahun tidak lebih dari 24 gram atau 6 sendok teh per hari, serta anak-anak 2–6 tahun: tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per hari. (Knu)

Baca Juga:

Kurangi Gula Bila Sering Migrain

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jokowi Minta Pemudik Segera Kembali
Indonesia
Jokowi Minta Pemudik Segera Kembali

Puncak arus balik diprediksi bakal terjadi 6-8 Mei 2022. Presiden Joko Widodo pun meminta agar pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal.

Kasus Impor Baja, Sejumlah PNS Kemenperin Diperiksa Kejagung
Indonesia
Kasus Impor Baja, Sejumlah PNS Kemenperin Diperiksa Kejagung

Kejagung memeriksa sejumlah pegawai sipil negeri (PNS) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi impor besi atau baja dan produk turunannya.

Reaksi Anies Tanggapi Isu Dijegal Invisible Hand Lewat Kasus Formula E
Indonesia
Reaksi Anies Tanggapi Isu Dijegal Invisible Hand Lewat Kasus Formula E

Anies mengaku tidak tahu perihal dugaan adanya pihak yang ingin menjegal langkahnya sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Wantimpres Dorong Solo Terima Turis Asing
Indonesia
Wantimpres Dorong Solo Terima Turis Asing

Ia pun meminta Kota Solo bersiap menerima turis asing, agar mereka tak melulu berkunjung ke Bali dan Yogyakarta.

DMO Tidak Jalan, Dasco: Cabut HGU Perusahaan Sawit
Indonesia
DMO Tidak Jalan, Dasco: Cabut HGU Perusahaan Sawit

Dalam aturan pengganti yang tertuang dalam Permendag Nomer 11 tahun 2022, HET minyak goreng curah jadi Rp 14.000 per liter dan harga kemasan premium diserahkan kepada mekanisme pasar.

Tiket Konser Dream Theater Hampir Terjual Seluruhnya
Indonesia
Tiket Konser Dream Theater Hampir Terjual Seluruhnya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan konser Dream Theater tetap berjalan sesuai jadwal. Untuk tiket sebanyak 7.000 juga sudah habis terjual atau Sold Out.

Dilanda COVID-19 Terburuk Sepanjang Pandemi, Makau Tes Massal Putaran Ke-11
Dunia
Dilanda COVID-19 Terburuk Sepanjang Pandemi, Makau Tes Massal Putaran Ke-11

Makau melaporkan lebih dari 600.000 penduduk kota itu harus tinggal di rumah dan semua bisnis yang tidak penting ditutup hingga Jumat (29/7).

Jaya Kontruksi Jadi Pemenang Tender, PSI: Potensi Pelanggaran Harus Dihindari
Indonesia
Jaya Kontruksi Jadi Pemenang Tender, PSI: Potensi Pelanggaran Harus Dihindari

Program ini tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kaidah prinsip good corporate governance.

Jokowi Ungkap Penyebab Harga Minyak Goreng di Indonesia Mahal
Indonesia
Jokowi Ungkap Penyebab Harga Minyak Goreng di Indonesia Mahal

Jokowi pun mengungkapkan, penyebab harga minyak goreng di Indonesia mahal. Saat harga minyak dunia mengalami kenaikan, pasar domestik ikut terdampak.

Libur Nataru, 10 Ruas Jalan Ditutup dan Ganjil Genap Diterapkan di Bandung
Indonesia
Libur Nataru, 10 Ruas Jalan Ditutup dan Ganjil Genap Diterapkan di Bandung

Kalau di lokasi tertentu sudah terpantau kapasitas melebihi batas 50 persen akan dialihkan ke jalur lain atau rekayasa ke arah masuk lokasi tersebut.